Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Media Powtoon Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu

Authors

  • Nurlaila Wulan Rahmadani Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mohammad Jamhari Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Abdul Ashari Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amalia Buntu Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Vita Indri Febriani Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mursito S. Bialangi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i3.16971

Keywords:

Model pembelajaran, learning cycle 7E, media powtoon, aktivitas, hasil belajar

Abstract

This study aims to describe the influence of the model Learning Cycle 7E learning assisted by powtoon media on the activities and learning outcomes of class X students of SMA Negeri 4 Palu. The population in this study were all students of class X of SMA Negeri 4 Palu totaling 400 students spread across class X by taking a sample of 25% of the total, namely 70 students. Sampling used a purposive sampling technique, and the research sample was 2 classes consisting of class XE and XG. Data collection techniques used learning outcome tests and observation sheets. The results showed that there was a significant influence of student learning activities between the experimental class given the Learning Cycle 7E learning model treatment and the control class given the conventional learning model treatment. This is shown by the calculation of the observation sheet of student learning activities, student psychomotor activities and student affective activities in the experimental class getting a score of 83.54 percentage 81-100% very good category while in the control class getting a score of 77.64 percentage 61-80% good category and the average value of significant learning outcomes in class XE as an experimental class 82.20 and class XG as a control class 77.34. In addition, it is proven by the results of the hypothesis test (t-test), obtained a sig value in class X which is 0.00 <0.05. Thus, it can be concluded that the Learning Cycle 7E learning model assisted by Powtoon media has a significant effect on the activities and learning outcomes of class X students of SMA Negeri 4 Palu.

References

Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis learning cycle 7E materi sistem sirkulasi pada manusia untuk kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3(1):49-57.

Apriani, D. N., Saptorini dan S, Nurhayati. 2016. Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. 173.

Asti, K., & Mulyani, M. (2016). Metode Eja dan Metode Sas Berdasarkan Minat Belajar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2):177–183.

Aziz, Z., Rusilowati, A., & Sukisno, M. (2013). penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada pokok bahasan usaha dan energi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(3).

Farina, D. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7e Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Mengurangi Kesalahan Konsep Fisika Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Hariyanti, M. (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 7E Terhadap Kemampuan Proses Sains (KPS) Pada Materi Organisasi Tingkat Jaringan Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kursiyati, U. (2015). Hubungan Antara Perhatian Orangtua, Sikap Dan Aktivitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Kelaa VIIl Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gadingan Kabupaten Pringesewu.

Manurung, I. D. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Motivasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Menyimak (Listening). Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10.

Mayliana, E., & Sofyan, H. (2015). Penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi menggambar busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1):14-28.

Niki. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas I di SD Negeri 46 Ampenan dengan Menerapkan Model Reading Berbasis Paikem Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal Ilmiah Mandala Education, 4(2):63–71.

Novitasari, K. A., Januar, H., Suneki, S., & Tunjungsari, D. R. (2023). Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3):1500–1506.

Nuryadi., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Pilendia, D. (2022). Studi Literatur: Efektifitas dan Kelayakan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13):464–471.

Purnami, N. M., Fran, F., Pasaribu, M., Prihandono, B., Kusumastuti, N., Kiftiah, M., & Noviani, E. (2022). Pelatihan Pengoptimalan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powtoon. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 919-925.

Putri, M. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Qulud, W., dan Y. Mayurningsih, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Kelas XI di SMA Negeri 1 Arjawinangun.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Efektivitas penggunaan media video berbasis powtoon dalam pembelajaran daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Safitri, D., & Noviarni, N. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan siswa (LKS) Berbasis Model Learning Cycle 7e untuk Memfasilitasi kemampuan koneksi siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3):242-253.

Septian, D. 2015. Pengaruh Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Man Rembang Tahun Ajaran 2010/2011.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022), Validitas dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen & Bisnis. 17(2): 51-57.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND (Ke 2). Alfa Beta.

Sutrisno, W. 2012. Implementasi Model Learning Cycle 7E Terhadap Motivasi Belajar Siswa Serta Terkait Hasil Belajar Biologi.

Suyanti, S., Sari, MK, & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8 (2):322-328.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu . Jakarta: Bumi Aksara.

Yaldi, N., & Hasibuan, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Learning Cycle 7e dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3):990-993.

Downloads

Published

2025-07-18

How to Cite

Rahmadani, N. W., Jamhari, M., Ashari, A., Buntu, A., Febriani, V. I., & Bialangi, M. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Media Powtoon Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 13(3), 1733–1742. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i3.16971

Issue

Section

Articles

Citation Check