Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 5 Palu

Authors

  • Nur Qadriah PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO, Indonesia
  • Astija Astija PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO, Indonesia
  • Amalia Buntu PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO, Indonesia
  • Lestari M.P. Alibasyah PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO, Indonesia
  • Fatma Dhafir PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO, Indonesia
  • Raya Agni PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i3.16988

Keywords:

Gaya belajar, kemandirian belajar, minat belajar, hasil belajar biologi

Abstract

This study aimed to examine the relationship between learning styles, learning independence, and learning interest with biology learning outcomes among Grade X students at SMA Negeri 5 Palu. This research used a quantitative approach with a correlational method. A total of 176 students were selected using proportional random sampling. The instruments used were questionnaires and documentation of biology scores. Data analysis involved validity tests, reliability tests, normality tests, Pearson correlation, and multiple linear regression. The results showed a significant relationship between learning style (r = 0.668), learning independence (r = 0.747), and learning interest (r = 0.732) with biology learning outcomes (p < 0.05). Multiple regression analysis revealed that the three variables simultaneously influenced learning outcomes, with the regression equation Y = 9.771 + 0.502X₠+ 0.314X₂ + 0.357X₃ and R² = 0.656. This indicates that the three independent variables contribute 65.6% to the variance in biology learning outcomes. The findings highlight the importance of internal student characteristics in academic achievement, especially in biology learning.

References

Afifah, A. (2024). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 7 Kota Bekasi. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Aprijal, H., Salam, R., & Djamaluddin, S. (2020). Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 15(2), 45–56.

Arfani, R. (2023). Teori Belajar dalam Pendidikan Sains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 22–30.

Ari Irvan, I., & Isnaini, M. (2023). Filosofi Penelitian Kuantitatif dalam Manejemen Pendidikan Islam. Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 1407–1417.

Dewi, C., & Ratna, D. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kalasan Kabupaten Sleman. Prosiding Seminar Nasional, 471–478.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, M. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(3), 89–96.

Junita, R., Nasution, R., & Fadli, R. (2024). Hubungan Kemandirian, Sikap, dan Motivasi dengan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Sains Biologi, 12(1), 33–42.

Khairani, M., & Suyanto, S. (2019). Meta-Analysis Study of the Effect of Learning Videos on Student Learning Outcomes. Journal of Biological Education and Research, 2(1), 158.

Marliana, O. S. (2024). Perumusan Variabel dan Indikator dalam Penelitian Kuantitatif Kependidikan. Jurnal Pendidikan Rokania, 9, 18.

Munir, S., Wahyuni, N., & Ibrahim, R. (2023). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 56–63.

Ningsih, W., & Alfian, R. (2021). Hubungan Media Pembelajaran dengan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 77–92.

Nurhasanah, N., & Amalia, R. (2022). Analisis Data Ordinal untuk Mengetahui Tingkat Persetujuan Pengetahuan dan Pelaksanaan Visi dan Misi. Jurnal Peluang, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.24815/jp.v10i1.27859

Nurlia, S., Hala, Y., & Muchtar, R. (2017). Faktor Internal dan Eksternal dalam Proses Belajar. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 55–65.

Nurlia, S., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552

Priyatno, D. (2020). SPSS untuk Analisis Statistik. Yogyakarta: Mediakom.

Rahmawati, L., & Gumiandari, S. (2021). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 54–61. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1876

Setiawati, A., Kurnia, D., & Rahmat, A. (2018). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 20–28.

Setyaputri, T., & Yamin, M. (2024). Gaya Belajar dan Pencapaian Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 14–21.

Sugiyono. (2016). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-18

How to Cite

Qadriah, N., Astija, A., Buntu, A., Alibasyah, L. M., Dhafir, F., & Agni, R. (2025). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 5 Palu. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 13(3), 1725–1732. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i3.16988

Issue

Section

Articles

Citation Check