Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru IPA di SMP Negeri 7 Palu Kecamatan Mantikulore Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah
DOI:
https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i3.17016Keywords:
Kata Kunci, Persepsi siswa, Keterampilan mengajar, IPAAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru IPA. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas VII dan VIII yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket untuk siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru IPA itu sebanyak 47% dengan kategori sangat baik, selanjutnya kategori baik persentasenya 38% dan kategori cukup yaitu 15%. Kemudian data hasil identifikasi penggunaan keterampilan mengajar guru IPA di SMP Negeri 7 Palu dalam kategori cukup terutama keterampilan membuka dan menutup pembelajaran memiliki nilai persentase 56%, keterampilan menjelaskan 56%, keterampilan bertanya 54%, keterampilan mengadakan variasi 56%, keterampilan memberikan penguatan 52%, keterampilan mengelola kelas 49%, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil 56% dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan memiliki 50%. Sehingga dapat disimpulkan meskipun sebagian besar siswa memberikan persepsi positif, namun beberapa aspek keterampilan mengajar guru yang perlu ditingkatkan, terutama dalam pengelolaan kelas dan mengajar kelompok kecil maupun perorangan. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan dalam bentuk pelatihan, supervisi, dan pembinaan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA dalam menerapkan keterampilan mengajar yang efektif dan menyeluruh.
Â
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laora Cecilia Landewang, I Nengah Kundera, Lilies Lilies, Mursito S Bialangi, Abd Rauf, Hayyatun Mawaddah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.