PENGARUH ZAT KIMIA PADA BERBAGAI SUHU TERHADAP DENYUT JANTUNG KATAK (Rana sp.) DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM FISIOLOGI HEWAN
DOI:
https://doi.org/10.33394/bioscientist.v7i2.2388Keywords:
Chemical Substances, Temperature, Heart Rate, Rana sp., Development, Practicum Instructions.Abstract
References
Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Fitrah, A. (2009). Retrieved October 20, 2012, from Alfanisti website: http://alfanisti.blogspot.com/2009/06/pengaruh-suhu-terhadap-denyut-jantung.html.
Hala, Y. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3), 85–96.
Hasruddin & Rezeqi, S. (2012). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Sekabupaten Karo. Tabularasa, 09(I), 17–32.
Hendra. (2003). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Suhu Tubuh dan Denyut nadi pada Pekerja yang Terpajan Panas. MKes Thesis. Universitas Indonesia.
Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Perubahan Konseptual terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA pada Mahasiswa PGSD. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 348–358.
Primawati, S. N. (2011). Petunjuk Praktikum Fisiologi Hewan II. Mataram: Laboratorium Biologi IKIP Mataram.
Raneeta. (2009). Retrieved May 28, 2012, from tentang Jantung Katak website: https://raneeta.wordpress.com/tentang-jantung-katak/.
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102.
Sihombing, D. O. L., Lubis, L. D. U. A., Setiowati, N., & Sophiana, S. (2014). Retrieved November 20, 2019, website: scribd.com › doc › Pengaruh-Suhu-Terhadap-Denyut-Jantung.
Susantini, E., Thamrin, M., Isnawati, H., & Lisdiana, L. (2012). Pengembangan Petunjuk Praktikum Genetika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 102–108.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.