Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi SMA melalui Metode Daring untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/bioscientist.v8i2.3157Keywords:
Development, Practicum Instructions, Online Methods, Science Process Skills.Abstract
References
Budiarti, W., & Oka, A. A. (2014). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) untuk Siswa SMA Kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Bioedukasi, 5(2), 123-130.
Budijastuti, W. (2012). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Sistem Pernapasan untuk Kelas XI SMA RSBI. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 25-28.
Faizi, M. (2013). Ragam Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press.
Farikhayati. (2010). Pengembangan Buku Petunjuk Kimia untuk SMP/MTs Kelas VII Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Hasruddin, & Rezeqi, S. (2012). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Se-Kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa, 09(01), 17-32.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46-55.
Salirawati, D., Subiantoro, A. W., & Pujianto. (2011). Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. INOTEKS, 15(1), 97-108.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.