Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan

Authors

  • Septiana Dwi Utami Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Ika Nurani Dewi Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/bioscientist.v8i2.3165

Keywords:

Development, Student Worksheets, Empowerment of Thinking through Questions, Environmental Knowledge.

Abstract

This study aims to develop a student worksheet based on the empowerment of thinking through questions in environmental knowledge courses. This type of research is development research using the R & D (Research and Development) method. In this study, only two stages of the R&D method were used, namely: 1) the preliminary study stage; and 2) the product development stage. The research was conducted in the Environmental Knowledge course. The instrument used to collect data was the Student Worksheet validation sheet which consisted of three components, namely: content, language, and presentation. Based on the results of the validation, the content component validation score obtained was 3.25 with valid criteria, the language component was 3.00 with valid criteria, and the presentation component obtained a score of 3.36 with valid criteria. Thus it can be concluded that, empowerment-based Student Worksheets think through questions on environmental knowledge courses with valid criteria and can be used as learning materials.

References

Haerullah, A. (2012). Potensi Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) Dipadu Think Pair Share (TPS) dalam Upaya Memberdayakan Keterampilan Metakognisi Siswa Multi Etnis di SD Kota Ternate. Jurnal Bionature, 13(1), 10-17.

Hutauruk, D. S., Maulina, I., & Manik, Y. M. (2018). Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) di SMA Negeri 5 Medan. Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 33-40.

Idhar, A., Haerullah, A., & Roini, C. (2019). Pengaruh Perpaduan Model Think Pair Share (TPS) dan Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Edukasi, 17(1), 74-84.

Irvan, Nurdiansyah, F., & Hayati, M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa pada Materi Fungsi Distribusi dengan Menggunakan Model Desain Dick and Carey pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Proseding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2015 (pp. 187-193). Medan, Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Lestari, N., Sudarisman, S., & Sugiyarto, S. (2014). Pengembangan LKM Model PBL Berbasis Potensi Lokal pada Mata Kuliah Bioteknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kupang. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 18-22.

Listiani, I. (2018). Efektivitas Lembar Kerja untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 17-26.

Mairing, J. P., & Lorida, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah dan Proyek pada Mata Kuliah Analisis Data. Jurnal Pendidikan, 14(2), 53-61.

Ni'mah, S. (2016). Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Lentera : Jurnal Pendidikan, 11(2), 70-79.

Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi pada Materi Bilangan bagi Mahasiswa Calon Guru SD. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 228-240.

Poerwanti, E. (2014). Perencanaan Pembelajaran Praktikum. UMM: Tim AA-Pekerti.

Ristanto, R. H. (2011). Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dan Lingkungan Riil terhadap Prestasi Belajar. Educatio, 6(1), 53-68.

Safnowandi & Efendi, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Masalah Berbantuan Concept Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Madrasah Tsanawiyah. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 5(2), 45-54.

Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Natural : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20-33.

Setiawan, D. C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) Dipadu Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Kemampuan Metakognitif Biologi Siswa SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (pp. 195-201). Malang, Indonesia: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Tim Penyusun. (2014). Buku Pedoman Akademik Program Studi Pendidikan Biologi. Mataram: Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP Mataram.

Utami, S. D., & Dewi, I. N. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Berbasis Pemberdayaan Berpikir untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 14(3), 275-284.

______. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Biologi Terintegrasi Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 5(2), 40-44.

Utami, S. D., Efendi, I., Dewi, I. N., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 240-247.

Utami, S. D., Jamaluddin, & Sridana, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Pemberdayaan Berpikir terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 2(1), 12-18.

Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13(1), 39-49.

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Utami, S. D., & Dewi, I. N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 327–336. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v8i2.3165

Issue

Section

Articles

Citation Check