Validitas Modul Kreatif Ekologi Berorientasi Guided Discovery untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa

Authors

  • Tilal Afian Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Cordova, Indonesia
  • Rizka Donny Agung Saputra Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Cordova, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4389

Keywords:

Creative Module, Guided Discovery, Creative Thinking.

Abstract

The purpose of this study was to describe the validity of the guided discovery-based ecological creative module to develop student creativity. This research is a qualitative descriptive study, to assess and obtain the quality of the creative ecology module. The instrument used in this study was a validation sheet. The module is validated by two experts in the field of biology education. The results showed that the guided discovery-based ecological creative module to develop student creativity was declared valid and reliable, so the module could be used in trials. Even though the module has been declared valid and reliable, it still needs to be tested for its practicality and effectiveness.

References

Afian, T., Ibrahim, M., dan Agustini, R. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Berorientasi Guided Discovery untuk Mengajarkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(1), 488-494.

Borich, G.D. (2011). Observation Skills for Effective Teaching, 6th Edition. Austin: University of Texas.

Erawanto, U., dan Santoso, E. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 427-436.

Hunaepi, Firdaus, L., dan Kurnia, N. (2016). Validitas Buku Ajar Ekologi Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 94-101.

Hunaepi, Susantini, E., Firdaus, L., Samsuri, T., dan Raharjo. (2018). Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(2), 47-58.

Imran, B., Hunaepi, dan Fitriani, H. (2021). Validitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 137-147.

Mardhiyana, D., dan Sejati, E.O.W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. In PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 672-688). Semarang, Indonesia: Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Muliyani, R. (2018). Signifikansi Discovery Learning Vs Guided Discovery Learning terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 60-72.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, I.P., Abadi, S., dan Nawawi, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Solving pada Materi Ekologi. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 4(1), 25-31.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Afian, T., & Saputra, R. D. A. (2021). Validitas Modul Kreatif Ekologi Berorientasi Guided Discovery untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 675–680. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4389

Issue

Section

Articles

Citation Check