Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Materi Fotosintesis : Korelasinya dengan Kemampuan Representasi pada Vertical Translations across Level
DOI:
https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i1.4967Keywords:
Concept Mastery, Representation Ability, Vertical Translation across Level, Photosynthesis.Abstract
References
Abdurrahman, Liliasari, Rusli, A., dan Waldrip, B. (2011). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 30-45.
Aini, Z., Ramdani, A., dan Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19-23.
Dewi, I., Saragih, S., dan Khairani, D. (2017). Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 115-124.
Eilam, B., and Reiter, S. (2014). Long-Term Self-Regulation of Biology Learning Using Standard Junior High School Science Curriculum. Science Education, 98(4), 1-10.
Hasbullah, Halim, A., dan Yusrizal. (2018). Penerapan Pendekatan Multi Representasi terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus. JIPI: Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 69-74.
Koedinger, K.R., Corbett, A.T., and Perfetti, C. (2012). The Knowledge-Learning-Instruction Framework: Bridging the Science-Practice Chasm to Enhance Robust Student Learning. Cognitive Science A Multidisciplinary Journal, 36(2012), 757-798.
Rahmatina, D.I., Sutopo, dan Wartono. (2017). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha Energi. In Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM (pp. 127-133). Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang.
Suhartono, Degeng, I.N.S., Suyitno, I., dan Sulton. (2019). A Comparison Study: Effects of the Group Investigation Model and the Direct Instruction Model Toward Science Concept Understanding. JPII : Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 185-192.
Sunyono, S., dan Meristin, A. (2018). The Effect of Multiple Representation-Based Learning (MRL) to Increase Students’ Understanding of Chemical Bonding Concepts. JPII : Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 399-406.
Yunita, Y., Halim, A., dan Safitri, R. (2019). Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa dengan Simulasi Physics Eduaction and Technology (PHET). JPSI : Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 16-22.
Zain, I.M. (2017). The Collaborative Instructional Design System (CIDS): Visualizing the 21st Century Learning. Universal Journal of Educational Research, 5(12), 2259-2266.