Analisis Penguasaan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Miskonsepsi pada Mata Pelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i1.5153Keywords:
Mastery of Concepts, Misconceptions.Abstract
References
Alfionitari, E., Nurlaeli., dan Afriansyah, D. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pelajaran IPA. (JPB) Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 22-30.
Awal, R., Afidah, M., dan Wahyuni, S. (2018). Analisis Miskonsepsi Biologi Sel pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Lancang Kuning. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 86-94.
Etikan, I., Musa, S.A., and Alkasim, R.S. (2015). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1-4.
Ibrahim, M. (2012). Seri Pembelajaran Inovatif Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.
Irani, N.V., Zulyusri, Z., dan Darussyamsu, R. (2020). Miskonsepsi Materi Biologi SMA dan Hubungannya dengan Pemahaman Siswa. Jurnal Biolokus : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 3(2), 348-355.
Jumiati, J., dan Hamid, H.H. (2015). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Konsep Morfologi Daun dan Bunga di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 109-118.
Luzyawati, L., dan Hidayah, H. (2019). Profil Miskonsepsi Siswa dalam Materi Sistem Ekskresi Melalui Penugasan Peta Konsep. Mangifera Edu : Jurnal Biologi and Pendidikan Biologi, 3(2), 72-87.
Sucahyanti, K.N., Adnyana, I.P.B., dan Santiasa, I.M.P.A. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Mind Mapping untuk Menilai Pemahaman Konsep Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 5(2), 113-122.
Susilawati, K., Adnyana, I.P.B., dan Swasta, I.B.J. (2014). Pengaruh Model Siklus Belajar 7E terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1-11.
Yulianti, E., dan Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.