PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BENTENG DAN PERMAINAN KASTI TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/gjpok.v12i1.15349Keywords:
Permainan Tradisional, Kebugaran Jasmani, Benteng, Kasti, Pendidikan JasmaniAbstract
References
Achmat, F. (2013). Hubungan kebugaran jasmani terhadap prestasi akademik siswa (Studi pada kelas XI MAN Mojosari). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2).
Aldiansyah, R., & Asriansyah. (2020). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 51 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(1), 73–81.
Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Blegur, J., et al. (2018). Permainan kecil: Teori dan aplikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Chandrel, T., Cronin, M., & Vamplew, W. (2002). Sport and physical education. Routledge.
Had’dien. (2011). Perbandingan pengaruh latihan antara permainan kasti dengan permainan benteng terhadap peningkatan kebugaran jasmani dan vital kapasitas paru-paru murid SD Kecamatan Bacukiki Kota Pare-Pare [Unpublished master’s thesis]. Universitas Negeri Makassar.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Tes kesegaran jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 10–12 tahun. Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.
Sukarno. (2013). Pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1).
Yulianti, D., et al. (2013). Pengaruh model permainan tradisional terhadap peningkatan aktivitas fisik siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 1(2).