Deskripsi Perkembangan Keterampilan Dasar Kerja Laboratorium Kimia Siswa SMA Negeri 1 Singaraja

Authors

  • Ketut Sepdyana Kartini STIMIK STIKOM INDONESIA, BALI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/hjkk.v6i1.1596

Keywords:

Basic skills, Chemistry laboratory.

Abstract

The aims of this study was to describe the development of basic skills students in a
chemistry laboratory carrying out the work. This study was conducted using a qualitative approach
with the subject of the research is 603 students consisting of 8 classes of X grade, 7 classes of XI
grade and 7 classes of XII grade. Data were collected with observation papers. The results showed
only 8 out of 10 aspects of the basic skills of laboratory work were observed. Five aspects of skills
classified into very well categories and three categories of skills aspect quite well.

Author Biography

Ketut Sepdyana Kartini, STIMIK STIKOM INDONESIA, BALI

STIMIK STIKOM INDONESIA, BALI

References

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar evaluasi

pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astiti, K.A. 2010. Tindak Guru Dalam

Pembelajaran IPA berbasis

kegiatan laboratorium di SMP N 1

Singaraja tahun pelajaran

/2010. Skripsi (Tidak

Diterbitkan).Fakultas Matematika

dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Ganesha.

Funk, J., Ronald L.Fiel, James R. Okey.

Learning Science Proses

Skills. United States of America:

Kendal Hunt Publishing Company.

Mariasa, P. E. 2008. Pembelajaran Kerja

Ilmiah Pada Materi Reaksi

Oksidasi-Reduksi di Kelas X2 SMA

Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran

-2008. Skripsi (Tidak

Diterbitkan).Fakultas Matematika

dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Ganesha

Purwanti, W. H. Alat dan Bahan Kimia

Dalam Laboratorium IPA.

Tersedia pada

http://staff.uny.ac.id/sites/default/fi

les/tmp/AlatdanbahanKimiadalaml

abIPA.pdf (Diakses tanggal 7

Desember 2011).

Narawati, S. 2011. Daya dukung

Laboratorium Kimia Terhadap

Proses Pembelajaran Kimia

Pada SMA Rintisan Sekolah

Bertaraf Internasional (RSBI)

di Provinsi Bali. Tesis. (Tidak

Diterbitkan). Program Pasca

Sarjana Universitas Pendidikan

Ganesha.

Subagia, I W. 2011. Pendekatan

Struktur Sebagai Model

Pembelajaran Kimia. Jurnal

Pendidikan Kimia Indonesia.

Volume 1,nomor 1, April 2011,

hal.10-17

Sudria, I. B. N . & Siregar, M. 2008.

Pengembangan Rubrik Asesmen

Performan Keterampilan Dasar

Kimia Dalam Perkuliahan Kimia

Dasar.Tersedia :

http://www.freewebs.com/santyasa

/Lemlit/PDF_Files/PENDIDIKAN

/APRIL_2008/IBN_Sudria.pdf

(diakses pada 23 Maret 2010)

Sudria, I. B. N. & Sya’ban,S. 2008.

Pengembangan Rubrik Asesmen

Performan Keterampilan Dasar

Kimia Dalam Perkuliahan Kimia

Dasar. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan. 2, 30-

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung : Alfabeta

Suja, I W. 2006. Analisis Kebutuhan

Pengembangan Perangkat

Pembelajaran dan Penilaian

Keterampilan Proses Sains di SD

menuju Pelaksanaan Kurikulum

Berbasis Kompetensi. Jurnal

Pendidikan dan Pengajaran IKIP

Negeri Singaraja No. 1 TH.

XXXIX Januari 2006. Singaraja :

Undiksha.

Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian

Pendidikan. Jakarta : PT Bumi

Aksara.

Wiratama. I. G. L. 2003. Meningkatkan

Keterampilan Mahasiswa Dalam

Praktikum Kimia Analitik dengan

Model Belajar Resistasi Pra-

Laboratorium pada Mahasiswa

Program Studi Kimia STKIP

Singaraja. Jurnal Pendidikan dan

Pengajaran IKIP Negeri Singaraja

No. 1 TH. XXXVI Januari 2003.

Singaraja : Undiksha

Wiratini, Made & Suja, I W. 2007.

Meningkatkan Keterampilan

Proses Mahasiswa Melalui

Penugasan Membuat Prosedur

Praktikum Konsetual Pada Mata

Kuliah Kimia Dasar 1. Laporan

penelitian. Fakultas Matematika

dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Ganesha.

Yasa, I W. 2010. Tindakan guru dalam

pembelajaran sains berbasis

laboratorium (studi kasus di

smp negeri 1 seririt). Skripsi

(Tidak Diterbitkan).Fakultas

Matematika dan Ilmu

Pengetahuan Alam Universitas

Pendidikan Ganesha.

Yuniantari, Putu. 2010. Implementasi

Perangkat Pembelajaran Berbasis

Masalah Untuk Meningkatkan

Keterampilan Proses Sains dan

Hasil Belajar Siswa. Skripsi

(Tidak Diterbitkan).Fakultas

Matematika dan Ilmu Pengetahuan lam Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

How to Cite

Kartini, K. S. (2019). Deskripsi Perkembangan Keterampilan Dasar Kerja Laboratorium Kimia Siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 6(1), 21–31. https://doi.org/10.33394/hjkk.v6i1.1596

Citation Check