Pengaruh Pendekatan Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.578Keywords:
Inkuiri Based Learning (IBL), Hasil Belajar, Laju Reaksi.Abstract
Laju Reaksi merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: 1) materi laju reaksi yang dipelajari tergolong pada level makroskopik, mikroskopik dan simbolik 2) metode pembelajaran yang kurang bervariasi menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebutditerapkanpendekatan Inquiry Based Learning.Penerapan pendekatan inkuiri based learning memungkinkan siswa terlibat secara aktif menggunakan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip materi laju reaksi yang sedang dipelajari. Tujuandaripenelitianini adalahuntukmengetahuiprosespenerapan pendekatan inkuiri based learningdan pengaruhnya terhadap hasilbelajar siswa kelas XI SMKN 3 MataramTahun Pelajaran 2012/2013 pada materi laju reaksi.Populasidalampenelitianini terdiridariduakelasdenganjumlah55 siswa.Pengambilansampeldilakukandengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasiketerlaksanaan RPP, penilaianafektifsiswa,penilaianpsikomotor siswa danteshasilbelajar. Dari hasilujicoba instrumen diperoleh 34item soal yang valid dengan tingkatreliabilitas tessebesar0,814dengankriteriasangatbaik.Analisis datahasilbelajarsiswadilakukanmelaluiujibeda(ujiZ)diperoleh Zhitumg (0,217)<Ztabel (1,96) dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 69,38 dengan ketuntasan klasikalnya 66,66% hampir sama dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 69,96 dengan ketuntasan klasikal 62,06%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran IBL pada materi laju reaksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Zhitung (0,217) < Ztabel (1,96).
References
Affan. 2012. Efektifitas Metode Jigsaw dengan Menggunakan LKS Induktif terhadap Kemampuan berpikir Kreatif dan Hasil Belajar siswa pada Materi konsep Redok kelas X MA Putra Al-Aziziyah Kapek Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi: IKIP Mataram
Agustikawati, 2012. ProsesPenerapanModelPembelajaran InkuiriTerbimbingDipaduMediaVideoDan PengaruhnyaTerhadapHasilBelajarSiswa PadaPokokBahasanKesetimbanganKimia. Skripsi: IKIP Mataram
Ariani, Rosyda Safrida. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran dengan Pendekatan IBL (Inquiry Based-Learning) pada Kelas XI SMA 12 Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Gilbert, JK. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. Science and Mathematics Education Center, Curtin University of Technology, Australia.Jurnal.
Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Pekanbaru: Zanafa.
Johnstone, A.H.1982. Macro-and micro Chemistry.School.Science Riview.
Khaeruman, 2011.Keefektifan Pembelajaran Kooperatif TGT di Kombinasikan dengan media animasi diukur dengan proses dan hasil belajar elektrokimia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singosari. Tesis program Pasca sarjana S2. Malang: Universitas Negeri Malang.
Priyatno, A. 2010.Paham Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom
Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Puspitasari, Ayu and Harun Nasrudin. 2012.increasing of critical thinking skills using inquiry learning model in sub material solubility and solubility product in grade xi rsbi senior high school 1 bojonegoro.Unesa Journal of Chemical Education Vol.1, No. 1, pp 76-82 Mei 2012 ISSN: 2252-9454.
Sadiman, Arief.S. dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT PrajaGrafindo Persada.
Sudjana, N. 2005.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta,CV.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suma, ketut. 2010. efektivitas pembelajaran berbasis inquiry dalam peningkatan penguasaan konten dan penalaran ilmiah calon guru fisika.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43.
Suyanti, Dwi Retno.2010. Strategi Pembelajaran Kimia.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.