Pengaruh Model Improve dengan Modul Berbasis Inkuiri terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.580Keywords:
Model IMPROVE, Modul, Inkuiri, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
Reaksi redoks merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa, karena materi ini mengkaji tentang bagaimana suatu reaksi dapat terjadi terutama dalam reaksi reduksi-oksidasi dan konsep biloks. Selain itu metode pembelajaran yang kurang tepat dan tidak adanya bahan ajar atau buku pelajaran yang dimiliki oleh siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran kimia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menerapkan model IMPROVE dengan modul berbasis inkuiri agar dapat membuat siswa lebih aktif dan memperoleh nilai yang mencapai KKM. Hal ini, karena dalam penerapan model IMPROVE guru menyampaikan materi dengan konsep baru berupa pertanyaan metakognitif, serta siswa nantinya akan lebih banyak diajak mengerjakan latihan atau contoh soal. Sedangkan bahan ajar modul yang diberikan dilengkapi dengan permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa serta pertanyaan-pertanyaan dan latihan soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model IMPROVE dengan modul berbasis inkuiri terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri yang berjumlah 89 siswa. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling sehingga diperoleh kelas X1 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran yang ada di sekolah tersebut dengan modul berbasis inkuiri dan X2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model IMPROVE dengan modul berbasis inkuiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil uji coba instrumen tes hasil belajar, dari 25 soal diperoleh 16 soal yang valid dengan reliabilitas 0,81 dengan kriteria sangat tinggi. Hasil analisis aktivitas siswa dalam 2 pertemuan pada masing-masing kelas, diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol 81 dan kelas eksperimen76, di mana keduanya berada pada kategori baik, dengan kata lain kedua kelas tersebut memiliki keaktifan yang sama. Sedangkan analisis hasil belajar siswa menggunakan uji Mann mhitney U-tes dengan pendekatan kurva normal dengan rumus z diperoleh zhitung = 4,57 dengan taraf kepercayaan 5%, karena Zhitung >  atau 4,57 > 1,96 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan kata lain ada pengaruh model IMPROVE dengan modul berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa.
References
Anonim. 2009. Kesulitan Siswa Dalam Belajar Kimia. (Online): http://guruit07.blogspot.com/2009/01/kesulitan-siswa-dalam-belajar-kimia.html. Diakses tanggal 18 Desember 2012 pukul 10.00).
Anonim. 2012.(Online). (Http://kuliahpgsdonline.blogspot.com/2012_03_01_archive.html). Diakses tanggal 10 Desember 2012.
Apriani, Ni Nengah Dwi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII B1 Di SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika: 1 (4) ISSN 2252-9063. web. www.pti-undiksha.com/karmapati/counter/click.php?id=67). Diakses tanggal 10 Desember 2012.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. B. dan Aswan Z. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarka: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Handayani, Rini. 2010. Penerapan Metode Improve Dengan Menggunakan Media Komputer Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa. Universitas Muhamadyah Surakarta: Tidak diterbitkan
.
Prastowo, Adi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Purba, Michael. 2012. Kimia Untuk SMA 1B. Jakarta : Erlangga.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roestiyah. 2008. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.