Pengaruh Model Pembelajaran TPS dengan Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.623Keywords:
Think Pair Share, Mind Mapping, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
beberapa faktor: (a) konsep-konsep materi ikatan kimia sebagian besar bersifat abstrak, (b) cara penyampaian materi
yang kurang variatif, (c) kurangnya motivasi belajar pada diri siswa. Hal ini diduga sebagai penyebab menurunnya
hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan kolaborasi Metode Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar
siswa.Adapun jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi-Eksperimental). Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X di SMKN 1 Gunungsari, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
teknikclusterrandom sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas X.AV sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas X.GB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket motivasi dan tes penguasaan konsep kimia (kognitif) dengan menggunakan tes obyektif. Dari
analisis uji coba instrumen diperoleh 22 soal yang valid dan reliabilitas 0,70 dalam kreteria reliabilitas tinggi. Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) Pengaruh model pembelajaran think pair share dengan kolaborasi metode mind mapping
terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan angket tergolong sangat tinggi, (2) Ada pengaruh
positif model pembelajaran think pair share dengan kolaborasi metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa
yaitu pada kelas kontrol ketuntasan klasikal mencapai 58% sedangkan kelas eksperimen mencapai 89%.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung sebesar 3,188, hasil tersebut kemudian dikonsultasikan pada
ttabel dengan taraf signifikan 5% dan dk = 67 diperoleh ttabel = 1,998. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,188
> 1,998), yang berarti bahwa terdapat penolakan pada Ho dan penerimaan pada hipotesis alternatif (Ha). Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran think pair sahre dengan kolaborasi metode
mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pada materi Ikatan Kimia di SMKN 1 Gunungsari
Lobar
References
Arikunto, S. 2006.Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
De Porter, Bobbi dan Hernacki Mike. 2002. Quantum
Learning. Mizan . Bandung: Media Utama.
Hadi, Sutrisno. 2001. Statistik Jilid I. Yogyakarta: UGM
Hernawan, dkk.2008. Pengembangan Kurikulum dan
Pembelajaran.Jakarta : Universitas Terbuka.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Metode,
Teknik, Struktur, dan Model Pembelajaran.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kurniawati, 2009.Penerapan Metode Pembelajaran
Partisipatif TeknikBuzz Group dan efektifitas
penerapannya pada siswa kelas VIII SMPN 4
Mataram Tahun ajaran 2008/2009.Skripsi
tidak diterbitkan.Pendidikan Biologi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Mataram.
Nurhafizah. 2009. Pengaruh Penerapan Model
Pempbelajaran Kooperatif Teknik Memberi
Dan Menerima Terhadap Hasil Belajar Biologi
Siswa Kelas X Di Sman 1 Gunungsari Tahun
Ajaran 2009/2010. Skripsi tidak
diterbitkan.Pendidikan Biologi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Mataram.
Santosa, dkk.2006. Kimia Untuk SMA dan Ma Kelas X
Semester 1. Klaten:Intan Pariwara
Sufian. Dedi. 2012. Penerapan Model Kooperatif Tipe
TPS (Think Pair Share) Pada Pembelajaran
Materi Pokok Ikatan Kimia Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar
Siswa Kelas X MAN 1 Taliwang Tahun
Pelajaran 2011/2012.Skripsi tidak
diterbitkan.Pendidikan Kimia Fakultas
Pendidikan Matematika dan IPA Institut
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Sukriani, Eti. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Scripet Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Kelas X Pada Sub Materi
Struktur Atom Di MA Al-Aziziah Putri Kapek
Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran
/2012.Skripsi tidak diterbitkan.Pendidikan
Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan
IPA Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Mataram.
Suprapti, W dan Ratna, S. 2001. Pengembangan Potensi
Diri. Jakata: Lembaga Adminisrasi Negara RI.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Warseno, A dan Komorojati, R. 2011.Super Learning.
Jogjakarta: Diva Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.