Pengaruh “Malartamia†Sebagai Media Pembelajaran Kimia Melalui Strategi Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Mataram
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i2.627Keywords:
Media “malartamiaâ€, Model Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament), Prestasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui adanya pengaruh prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media “Malartamia†dengan yang tidak menggunakan media “Malartamia†melalui strategi Team Game Tournament (TGT), 2) mengetahui adanya pengaruh prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diajar dengan menggunakan media “Malartamia†dengan yang tidak menggunakan media “Malartamia†melalui strategi Team Game Tournament (TGT), 3) mengetahui adanya pengaruh prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah yang diajar dengan menggunakan media “Malartamia†dengan yang tidak menggunakan media “Malartamia†melalui strategi Team Game Tournament (TGT), 4) mengetahui adakah interaksi antara siswa berkemampuan awal tinggi dengan siswa berkemampuan awal rendah yang menggunakan media “Malartamia†melalui strategi Team Game Tournament (TGT). Sampel penelitian adalah 2 kelas dari 3 kelas X SMA Muhammadiyah Mataram yang berjumlah 91 orang. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis varian (ANOVA) dua arah. Dari hasil analisis diperoleh Fhitung = 32,89 sedangkan harga Ftabel = 4,03 sehingga Fhitung > Ftabel. Hasil uji analisis varians menunjukkan pengaruh yang signifikan penggunaan media “malartamia†dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji lanjut dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa t hitung = 10,71 dan ttabel = 2,00. Dalam hal ini thitung > ttabel. sehingga ada pengaruh perbedaan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa. Selanjutnya dari hasil analisis data diperoleh Fhitung = 1,04 sedangkan harga Ftabel = 4,03. Berdasarkan data tersebut, maka harga Fhitung< Ftabel, sehingga menunjukkan bahwa tidak ada interaksi penggunaan media “malartamiaâ€Â dalam pembelajaran kooperatif TGT antara siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa
References
Anonim, 2003. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Anonim, 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Arikunto Suharsimi, 2002. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Asfandiyar, 2009. Kenapa Guru Harus Kreatif ?. Bandung: Mizan Media Utama
Aulia Bismi, 2010. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Kabupaten Aceh Besar Pada Materi Reaksi Redoks. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Ena, Ouda Teda. 2001. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Yogyakarta: Indonesian Language and Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma. www.ialf.edu/kipbipa/papers/oudatedaena.doc (Download tanggal: 1 Desember 2010).
Ibrahim, M. Fida R, Nur, M dan Ismono, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press
Muhaimin, 2008. Karakteristik Strategi Belajar Kimia Dengan Pendekatan Konstektual Pada Siswa http://one.indiskripsi.com/node/2049 (download tanggal 22 Desember 2008).
Pratiwi, 2010. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media molimod pada materi hidrokarbon kelas X SMAN 4 Singkawang. Jurnal PMIPA Volume 1 No. 2 Universitas Tanjungpura
Puspendik, 2009. Panduan Kebijakan Pemanfaatan Hasil UN Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan UN Tahun 2009/2010. Jakarta
Slavin R E, 2009. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Soepeno, B, 2002. Statistik Terapan Dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Sriyanti, 2009. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah universitas Sriwijaya Palembang (ISSN 1979-4959 Vol. 1 No.1, Februari 2009)
Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia
Sudjana, 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo,
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sumadi, Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susilowati , Endang . 2008 . Sains Kimia IB Prinsip dan Terapannya . Solo : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri .
Thoifuri, 2007. Menjadi Guru Inisiator. Jakarta Rasail Media Group
Tim Puslitjaknov, 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan departemen Pendidikan Nasional
Wilis Ratna, D. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Winkel, W.S.2005, Psikologi Pengajaran. Jakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.