Pengaruh Pembelajaran SAVI Berbasis Media Simulasi Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Elektrokimia
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.641Keywords:
SAVI, Media Interaktif, Pemahaman KonsepAbstract
Karakteristik materi elektrokimia yang banyak mengandung konsep abstrak maka seringkali pengajar Kimia Dasar di IKIP Mataram mengalami kesulitan dalam membelajarkan materi elektrokimia kepada mahasiswa. Berdasarkan fakta tersebut maka diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan materi elektrokimia. Salah satu pendekatan yang efektif untuk diterapkan adalah pendekatan pembelajaran SAVI berbasis media simulasi interaktif. Pembelajaran SAVI berbasis media interaktif memiliki program animasi yang mampu merepresentasikan konsep abstrak pada materi elektrokimia secara visualisasi dan bukan sekedar ilustrasi konsep secara narasi. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI berbasis media simulasi interaktif terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada materi elektrokimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Dalam rancangan penelitian ini, sampel dibagi dalam dua kelompok yaitu satu kelompok dengan eksperimen dan satu dengan kelompok kontrol. Pada penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep melalui soal essay. Hasil ujicoba instrumen menunjukkan bahwa instrumen tes essay valid dan memiliki reliabilitas yang cukup. Data pemahaman konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik t. Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan pemahaman konsep mahasiswa yang diajar menggunakan pendekatan SAVI berbasis media simulasi interaktif dibandingkan metode konvensional. Pemahaman konsep mahasiswa yang diajar menggunakan pendekatan SAVI berbasis media simulasi interaktif adalah lebih tinggi. Dengan demikian, penggunaan pendekatan pembelajaran SAVI berbasis media simulasi interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Garnett, P.J & Treagust, D.F. 1992. Conceptual difficulties experienced by senior high school student ofelectrochemistry. Electric circuit and oxidation-reduction equation. Journal of research and science teaching, 29(2): 121-142.
Greenbowe, Thomas J. 1994. Projects supported by the NSF division of undergraduate education: an interactive multimedia software program for exploring electrochemical cells. Journal of chemical education, 71(7): 555.
Gunawan. 2008. Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Berpikir Kritis Calon Guru Pada Materi Elastisitas. Tesis pada Prodi Pendidikan IPA, SPs. UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Hasrul. 2010. Langkah-langkah pengembangan pembelajaran multimedia interaktif. Jurnal Medtek, 2(1):1-8.
Huddle, P.A., White, M.A., & Rogers, F. 2000. Using a teaching to correct known misconception in electrochemistry. Journal of chemical education, 77(1): 104-110.
Meier, D. 2000. The Accelerated Learning Handbook. Rahmani Astuti (Penerjemah) 2002. Bandung: Kaifa.
Meyer, David E & Sargent, Andrew L. 2007. An interactive computer program to help students learn molecular symmetry elements and operations. Journal of chemical education, 84(9): 1551.
Pebriani, Meliza Putri Dwi. 2011. Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi dan Manipulasi Siswa SMA. Skripsi FPMIPA, UPI Bandung : tidak diterbitkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.