Pengaruh Strategi Pengembangan Keahlian Berpikir Divergen Dengan STAD Terhadap Karakter Berpikir Divergen Konvergen dan Kemampuan Berpikir Siswa

Authors

  • Yusran Khery IKIP Mataram, Indonesia
  • Destri Supriani IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.643

Keywords:

STAD-Divergen, Karakter berpikir, Kemampuan Berpikir

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pengembangan keahlian berpikir divergen dengan STAD (STAD-Divergen) terhadap karakter berpikir divergen konvergen dan kemampuan berpikir divergen siswa kelas X SMA Islam Al-Azhar NW Batulayar pada materi Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Islam Al-Azhar NW Batulayar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan statistik parametrik perbandingan dua sampel, uji t-sampel bebas dan deskriptif kualitatif menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil uji Hipotesis ini membuktikan Strategi pengambangan keahlian berpikir divergen (STAD-Divergen) tidak berpengaruh terhadap karakter berpikir divergen dan konvergen, tetapi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen siswa. 

 

Author Biographies

Yusran Khery, IKIP Mataram

Program Studi Pendidikan Kimia

Destri Supriani, IKIP Mataram

Program Studi Pendidikan Kimia

References

Anonim. 2011. http://repository.usu.ac.id/bitsream/123456789/19802/4/Chapter%2011.pdf (diakses tanggal 19 April 2013)

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus SMA/ MA Kimia. Jakarta.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani

Hermawan, dkk. 2009. Aktif Belajar Kimia Untuk SMA kelas X. Jakarta : Depdiknas.

Khery, Y. 2012. Pengaruh Strategi Problem Based Learning pada Pembelajaran Kimia Bahan Alam terhadap keterampilan Metakognitif, keterampilan proses sains dan hasil belajar mahasiswa divergen dan konvergen. Malang : Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Mustaji. 2013. http;//pasca.tp.ac.id/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran (diakses tanggal 19 april 2013)

Purba, M. 2006. Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Slavin, R. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudarmo, U. 2004. Kimia untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga.

Setyawati, Arifatun Anifah. 2009. KIMIA Mengkaji Fenomena Alam. Jakarta : Depdiknas.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alvabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualiataif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Muhazam .2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Advision Divisions (STAD) dengan Media Teka Teki silang (TTS) terhadap Kemampuan Berpikir Kraetif dan Hasil Belajar Siswa kelas X SMAN 1 Labuapi pada Materi reaksi Redoks Tahun pelajaran 2011/2012. Mataram : IKIP Mataram

Pavelich, M. 1982. Using General Chemistry to Promote the Higher Level Thinking Abilities. Jurnal

Trianto. 2010. Mendisain Model Pembelajaran Inofatif-progresif : Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Trihendradi, C. 2008. Step by Step SPSS 16 Analisis Data Statistik. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Downloads

Published

2014-06-04

How to Cite

Khery, Y., & Supriani, D. (2014). Pengaruh Strategi Pengembangan Keahlian Berpikir Divergen Dengan STAD Terhadap Karakter Berpikir Divergen Konvergen dan Kemampuan Berpikir Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(1), 153–160. https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.643

Citation Check