Respon dan Aktivitas Siswa dan Guru Pada Penerapan Perangkat Pembelajaran Asam Basa Dengan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI)

Authors

  • Yusran Khery IKIP Mataram, Indonesia
  • Raodyatun Raodyatun IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.644

Keywords:

Respon guru dan siswa, perangkat pembelajaran asam basa, pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon dan aktivitas siswa dan guru pada penerapan perangkat pembelajaran asam basa dengan berdasarkan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah pre-experimental design, dan desain penelitian yang digunakan ialah one-shot case study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah : (1) angket respon siswa; (2) lembar observasi kegiatan guru; (3) lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) respon siswa terhadap penerapan perangkat pembelajaran asam basa dengan pendekatan SAVI  baik, begitu juga dengan respon guru; (2) aktivitas siswa dan guru pada setiap pertemuan dalam penerapan perangkat pembelajaran asam basa dengan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI)  sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut respon guru dan siswa terhadap penerapan perangkat pembelajaran asam basa dengan pendekatan SAVI dalam kelas baik.

Author Biographies

Yusran Khery, IKIP Mataram

Program Studi Pendidikan Kimia

Raodyatun Raodyatun, IKIP Mataram

Program Studi Pendidikan Kimia

References

Agustina, A, dan Novita, D. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Unesa Tahun 16 Nomor 1.

Ardyansyah. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII di Mts. Nm Addinul Qayyimu Kapek Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Mataram: FPMIPA IKIP Mataram

Chittleborough G. D, Treagust D. F, dkk. 2002. Contraints to the development of first year University Chemistry Students’ Mental Models of Chemical. Curtin University of Technology.

Ekawati. 2011. Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan “Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual)†Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Semester 1 Smp Negeri 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Mataram : FKIP Universitas Mataram.

Fajaroh F, Nazriati, dkk. 2006. Dampak Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Penggambaran Mikroskopik Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Tahun 16 Nomor 1.

Fajriatin, T. 2012. Peggunaan Demonstrasi, Animasi, dan Diskusi serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Reaksi Redoks Siswa Kelas X MA-Yusuf Abdussatar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Proposal. Mataram: FPMIPA IKIP Mataram

Rahman, N. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI Materi Asam Basa untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2014-06-04

How to Cite

Khery, Y., & Raodyatun, R. (2014). Respon dan Aktivitas Siswa dan Guru Pada Penerapan Perangkat Pembelajaran Asam Basa Dengan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(1), 161–165. https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.644

Citation Check