Penggunaan Media Pembelajaran “Monosimpur” (Monopoli Sistem Periodik Unsur-Unsur) Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Suatu Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Kimia Sma Di Kelas X)

Authors

  • Bakhtiar Ardiansyah Widyaiswara LPMP Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.645

Keywords:

Media Monosimpur, Starategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Abstract

Karya tulis ini disajikan bertujuan untuk member informasi kepada guru SMA khususnya mata pelajaran Kimia dalam upaya mengembangkan pembelajaran kimia melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media  pembelajaran Monosimpur (Monopoli Sistem Periodik Unsur-Unsur). Ide yang  disajikan dalam karya tulis ini agar  dapat diaplikasikan dalam pembelajaran dan dapat dikembangkan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Author Biography

Bakhtiar Ardiansyah, Widyaiswara LPMP Nusa Tenggara Barat

Widyaiswara LPMP Nusa Tenggara Barat

References

Anonim, 2003. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ena, Ouda Teda. 2001. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Yogyakarta: Indonesian Language and Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma. www.ialf.edu/kipbipa/papers/oudatedaena.doc (Download tanggal: 1 Desember 2010).

Ibrahim, M. Fida R, Nur, M danIsmono, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press

Slavin R E, 2009. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Thoifuri, 2007. Menjadi Guru Inisiator. Jakarta Rasail Media Group

Downloads

Published

2014-06-04

How to Cite

Ardiansyah, B. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran “Monosimpur” (Monopoli Sistem Periodik Unsur-Unsur) Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Suatu Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Kimia Sma Di Kelas X). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(1), 166–170. https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.645

Citation Check