Pengaruh Pembelajaran TGT Berbantuan Media Domino Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stuktur Atom
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i2.653Keywords:
TGT, Media Domino, Minat Belajar, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TGT dengan media Domino terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu dengan desain penelitian “Posttest-Only Control Designâ€. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) minat belajar kelas eksperimen sebesar 77% sedangkan kelas kontrol sebesar 76%. 2) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67% sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,093 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada materi struktur atom.
Â
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, C. A. (2012). Pengaruh Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia IKIP Mataram Tahun Akademik 2011/2012Pada Materi Pencemaran Lingkungan.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Khudori, M. 2012. Pembelajaran IPA Dengan Metode TGT Menggunakan Media Games Ular Tangga dan Puzzle Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri, Vol. 1 No. 2
Kusumaningsih, K. D dan Leonard. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Ilmiah Exacta, Vol. 2 No. 1
Martadinata, Y. S. 2013. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Berkarakter Divergen dan Konvergen Dalam Memahami Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 1 Gunung Sari Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi S1 Mataram : FPMIPA IKIP Mataram. Tidak diterbitkan.
Nuryanti, L. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Pembelajaran Kooperatif Metode TGT (Teams Game Tournament) Menggunakan Roda Impian Pada Siswa Kelas X 5 Sma Al-Islami Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi S1. Surakarta. Tidak Diterbitkan.
Rakhmadhani, N. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga Dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK),Vol. 2 No. 4
Samuel, 2012. Achievement in Cooperative versus Individualistic Goal-Structured Junior Secondary School Mathematics Classrooms in Nigeria. International Journal of Mathematics Trends and Technology- Volume3 Issuel.
Ekawati, E. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Yang Dilengkapi Dengan Media Power Point dan Destinasi Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 1
Hermawanti, K. 2013. Belajar IPA Menurut Kurikulum 2013. Jurnal Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik Bandung : Nusa Media.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualiataif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.