Pengembangan Media Animasi Dengan Macromedia Flash Pada Materi Struktur Atom
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i2.655Keywords:
Pengembangan, Media Animasi, Macromedia Flash Dan Struktur Atom.Abstract
Struktur atom merupakan salah satu materi pokok kimia yang dianggap sulit bagi sebagian besar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yitu: 1). Materinya yang bersifat abstrak, 2). Masih kurangnya pemanfaatan alat bantu mengajarberupa media pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran berupa media animasi dengan macromedia flash. Macromedia Flash dapat menjelaskan keabstrakan dari materi struktur atom, memperjelas penyampaian pesan serta meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelayakan media animasi dengan macromedia flash pada materi struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan rancangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapyaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Model pengembangan ADDIE dalam penelitian ini terbatas pada tahap Analysis, Design, Developmentdan tidak sampai pada tahapn Implementation dan Evaluation dengan beberapa penyesuaian berdasarkan kebutuhan pengembangan. Hasil pengembangan divalidasi oleh 2 validator ahli dan satu praktisi yaitu guru mata pelajaran kimia serta di uji cobakan kepada 10 orang siswa SMAN 1 Gangga. Data kuantitatif hasil validasi dianalisis dengan rumus persentase dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran dari validator digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Spesifikasi hasil pengembangan yang dihasilkan berupa media animasi dengan materi struktur atom. Berdasarkan validitas uji ahli diperoleh rata-rata persentase kelayakan yaitu sebesar 84,16%, uji dari guru kimia sebesar 82,35%, dan dari 10 orang siswa kelompok terbatas sebesar 80,5%. Jadidapat di simpulkanbahwa media animasi dengan macromedia flash pada materi struktur atom sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Badi, H. J. Zeki, A.M. Faris, W. F. Othman, R. B. 2013. Animation as a Problem Solving Technique in Mechanical Engineering Education. International Jurnal of Scientific & Engineering Reseach. Vol. 4. No. 5. ISSN 2229-5518.
Depdiknas, 2003. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Nilawasti, Z.A. 2013. Penggunaan Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga. Prosiding Semirata FPMIPA Universitas Lampung.
Priatmoko, S. Prasetya, A. 2011. Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Media Macromedia Flash dan Microsoft Powerpoit yang Disampaikan Melalui Pendekatan Chemo-Edutaintment. Semarang: FPMIPA Universitas Negeri Semarang.
Salim, S. Toifur, M. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) Dengan Pendekantan Kontruktivis Dalam Memecahkan Efektipitas Pembelajaran Fisika Pada Konsep Gaya. Seminar Nasional Penelitian: Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Setyawan, A. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer Dengan Macromedia Flash 8 Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Garak. Skripsi: IKIP PGRI Semarang.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.