Pengembangan Bahan Ajar Berbasis KAPRA Pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Kelas XI SMA / MA
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.667Keywords:
Bahan ajar, KAPRA, Asam-BasaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan kelayakan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis KAPRA Pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Kelas XI SMA/MA yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan konseptual ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollendayang dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap analyze, bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan pemahaman yang jelas tentang kebutuhan peserta didik 2) tahap perancangan (Design) bertujuan untuk menyiapkan perancangan bahan ajar berbasis KAPRA 3) tahap pengembangan (Develop) bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis KAPRA berupa modul yang sudah direvisi berdasarkan masukan dari uji ahli validasi, uji praktisi, dan uji terbatas. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Modul Kimia pada materi larutan asam basa dan divalidasi oleh 2 validator ahli dan validasi praktisi oleh 2 guru mata pelajaran kimia menggunakan instrumen validasi berupa angket serta diujicoba kepada 10 orang siswa SMA Negeri 6 Mataram. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Berbasis KAPRA Pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Kelas XI SMA/MA ini sangat layak digunakan, terbukti dengan skor penilaian validasi ahli sebesar 90,90%, validasi praktisi oleh guru kimia sebesar 86,25% dan hasil uji coba terbatas siswa sebesar 81,47%.
References
Ali, Herson. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Cerpen Untuk Sma / Ma Kelas X Semester Genap (skirpsi). IKIP Mataram.
Brady, E James. Tanpa tahun. Kimia Universitas Asas & Struktur, Jilid 1. Binapura Aksara Publisher.
Indrayani, Putu. Tanpa Tahun. Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik (artikel).Universitas Negeri Malang.
Juan, Rizky Arnadi., Rahayu, Sri., dan Prayitno. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran KAPRA pada materi asam basa dalam meningkatkan prestasi belaja siswa kelas XI IPA SMA (artikel).Universitas Negeri Malang.
Kadhafi, Rizky., Fajaroh, Fauziatul., dan Afandy, Dermawan.Tanpa Tahun. Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk SMK (artikel). Universitas Negeri Malang.
Molenda,Michael.2003.In Search of the Elusive ADDIE Model.Published in slightly amended form in Performance Improvement.
Ningtiyas, Pitriya., dan Siswaya, Heri. 2012.Penggunaan Metode Kooperatif Tipe TGT Dilengkapi Modul dan LKS ditinjaudari aktivitas siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol 3. No 1 April 2012. Hal.51-58.
Purba, Micheal. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.
Rusmiati, I Gusti Ayu., Santyasa I Wayan., dan Warpala, Wayan Sukra. 2013.Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Kelas V SD Negeri 2 SemarapuraTengah (artikel). Vol 2013. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.
Svein, Arne Sikko., Lyngyed Ragnhild., dan Pepin Birgit. 2011. Working with Mathematics and Science teachers on inquiry-based learning (IBL). Acta Didactica Norge(journal). Vol 6. No 1.PP 17.
Tarini Mawantia, Fauziatul Fajaroh, Dermawan Afandy. Tanpa Tahun. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Pokok Bahasan Reaksi Oksidasi Reduksi Untuk Siswa SMK Kelas X (artikel). Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.