Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.668Keywords:
Problem Solving, Pendekatan Saintifik, Keterampilan Proses Sains, Pemahaman KonsepAbstract
Rendahnya keterampilan proses sains pada mata pelajaran kimia berdampak pada rendahnya pemahaman konsep kimia siswa. Hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia yang dianggap sulit oleh siswa karena memiliki karakteristik yang abstrak sehingga membutuhkan kemampuan berpikir tinggi untuk memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan sampel sebanyak dua kelas, teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi keterampilan proses sains yang dianalisis secara deskriptif dan soal tes objektif beralasan yang dianalisis secara statistik. Hasil analisis keterampilan proses sains pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai 78,97 > 77,36. Sedangkan hasil analisis pemahaman konsep pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai masing-masing sebesar 79 dan 70. Berdasarkan hasil uji one way anova diperoleh F hitung sebesar 5,07 karena F hitung > F tabel (5,07 > 4,06) maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam.
References
Arikunto,S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Buanarinda,T.,R. Dan Hidayah Rusly. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri pada Pembelajaran Konsep Asam Basa Kelas XI SMAN Ploso Jombang. Journal of chemical education. Vol 3. No 3. pp 8-12.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Ellizar. 2009. Model Pembelajaran Konstruktivisme Menggunakan Modul. (Studi Pengembangan Pembelajaran Kimia) Disertasi. Pascasarjana UNP.
Ikhwanudin, Jaedun, A., Purwanto, D.2010. Problem Solving dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Berfikir Analisis.Jurnal Kependidikan. 40(2). 215-230.
Isnawati. 2013.Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kimia.Mataram : IKIP Mataram
Jonaseen. D., H. 2010. Research Issues In Problem Solving. The 11th international conference on education research. New education pradigm for learning and intruktion. September 29 – october 1. 2010
Komariah, Kokom. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model POLYA untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. Prosding seminar nasionalpenelitian. PFMIPA UNY.
Mariati, P.S. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Metagognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal pendidikan fisika indonesia. Vol 8. pp 152-160.
Pait, M.I. 2011. Pengaruh model pembelajaran problem solving dan penalaran Formal terhadap prestasi matewmatika bagi siswa sekolah menengah pertama. Artikel. Universitas Pendidikan Ganesha
Raehanah, Mulyani, S., Saputro, S. 2014. Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Kooperatif Problem Solving ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis dan Kemampuan Matematis. Jurnal Inkuiri. 3(1). 19-27
Septiana, dan Handoyo. 2006. Penerapan think pair share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan prestasi belajar geograpi. Jurnal pendidikan inofatif. 2(1). 47-50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.