Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687Keywords:
Case Based Learning (CBL), Keterampilan Generik Sains, Pemahaman Konsep, Minyak Bumi.Abstract
Hasil belajar kimia yang sangat rendah disebabkan karena karakteristik materi pembelajaran kimia terutama materi minyak bumi yang bersifat abstrak sehingga siswa beranggapan materi pembelajaran sulit untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Case Based Learning terhadap keterampilaan generik sains dan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi minyak bumi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis quasi eksperimen dengan desain penelitian â€Posttest-Only control designâ€. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dengan model Case Based Learning dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Data keterampilan generik sains diperoleh menggunakan lembar observasi keterampilan generik sains, sedangkan data pemahaman konsep siswa menggunakan tes pilihan ganda beralasan. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif untuk keterampilan generik sains dan analisis statistik untuk pemahaman konsep siswa. Hasil analisis deskriptif lembar observasi keterampilan generik sains siswa diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 85,171 dan kelas kontrol sebesar 57,51. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 76,40 dan kelas kontrol sebesar 57,09. Hasil analisis uji Mann-Whitney dengan SPSS 16.0 for Windows diperoleh nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Case Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan generik sains dan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi minyak bumi.
References
Fajriyatin. 2013. Penggunaan Demonstrasi, Animasi, dan Diskusi Serta Pegaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Reaksi Redoks Siswa Kelas X Ma-Yusuf Abdussatar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 (Skripsi). Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Mataram.
Juliawan, Didik. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012 (Skripsi). Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Matara.
Kusmayani. 2008. Analisis Tingkat Kesulitan Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Yusuf Abdussatar Tahun Ajaran 2007/2008 (Skripsi). IKIP FPMIPA Mataram.
Lisnawati. 2009. Penerapan Pendekatan Konstruktivis Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Tiga Pada Siswa Kelas VII MTs MUMBA’UL HAIR Bertais Tahun Ajaran 2008/2009 (Skripsi). Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram.
Mutmainah, Siti. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Kasus Yang Berpusat Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsri Angkatan 2010 (Artikel). Pendidikan Kimia FKIP Unsri.
Pratiwi, Yussi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kasus Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 (Skripsi). FKIP Unsri.
Purwanto. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Hasil Belajar Materi Alat-Alat Optik (Artikel). Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Negeri Gorontalo.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konsruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Ubaidillah, Ahmad. 2012. Pengaruh Model pembelajaran Berbasis Kasus Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Materi larutan Penyangga SMAN 2 Kuripan Tahun Pelajaran 2012/2013 (Skripsi). Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Mataram.
Keeve, PL., Gerhards, U., Arnold, WA., Zimmer S., Zöllner, A. 2012. Jobrequirements compared to dental school education: impact of a case-basedlearning curriculum. GMS Z Med Ausbild. Vol. 29. PP: Doc54. DOI10.3205/zma000824, urn: nbn: de: 0183-zma 0008243.
Tao, L., Tang, Y., Zhu, MY.,Zhu, YQ., 2011. Application of case-based learning in clinical practice of dental students. Europe PubMed Central. Vol. 20. PP: 209-212. DOI 10.1111/j.1365-2929.2005.02107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.