Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (Savi) Dengan Media Puzzle Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.688Keywords:
SAVI, Puzzle, Aktivitas, Pemahaman Konsep.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana aktivitas siswa dengan menerapkan modelSomatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dengan Media Puzzle pada materi hidrokarbon (2) adanya pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dengan Media Puzzleterhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, jenis quasi experimentaldengan desain penelitian “Posttest-onlyControl Group Designâ€. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas X PMIA 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dengan Media Puzzle dan kelas kontrol yaitu kelas X PMIA 6 yang dibelajarkan dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)tanpa media. Pengambilan data menggunakan lembar observasi untuk aktivitas dan pemahaman konsep menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda beralasan. Hasil penelitian didapatkan nilai signifikan (0,035)< signifikan α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dengan Media Puzzle berpengaruh positif terhadap aktivitas siswa, dimana kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih baik yaitu sebesar 70dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 69,(2) Penerapan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dengan Media Puzzle berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan darinilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 77,3 lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,1.
References
Haerudin. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematikserta Kemandirian Belajar Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 2, No.2. 183-193.
Jannah, Binti Solikhatul., Suryadharma, I.B., Fajaroh, Fauziatul. 2013. Studi Evaluasi Pemahaman Konsep Reaksi Redoks Menggunakan Tes Objektif Beralasan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kusuma, Ersanghono., Wijayati, Nanik., Wibowo, Langgeng, Setyo. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbasis SAVI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.
Mayliana, Esther., Sofyan, Herminarto,. 2013. Penerapan Accelerated Learning Dengan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1.
Purba, Michael. 2007. Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet
Wijayanti, Tutik, Fitri,. Prayitno, Baskoro, Adi,. Marjono. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi.
Yanti, Dominika,. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Puzzle IPS Kelas IV di SD. Artikel Penelitian
Yanti, Erlina,. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Artikel.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.