Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berorientasi Literasi Sains bagi Mahasiswa Calon Guru Kimia
DOI:
https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i5.8886Keywords:
model pembelajaran sains, literasi sains, calon guru kimiaAbstract
Pendidikan sains memiliki peran yang penting dalam menyiapkan siswa memasuki dunia kehidupannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah a) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan metode pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang berorientasi literasi sains, b) mengembangkan metode pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang berorientasi literasi sains, c) mendeskripsikan efektifitas pengembangan metode pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang berorientasi literasi sains. Metode penelitian ini adalah Education Research and Development (R&D) yaitu penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan (R&D) dikhususnya pada pembelajaran IPA pada pengembangan metode pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang berorientasi literasi sains. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran berorientasi literasi sains dinilai layak oleh pakar model pembelajaran karena sesuai dengan memenuhi kriteria model pembelajaran. Model pembelajaran ini praktis berdasarkan nilai kepraktisannya karena terstruktur jelas dan praktisi juga dapat dengan mudah menggunakannya. Model pembelajaran berorientasi literasi sains efektif diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai kelas ekperimen yang lebih baik dibandingkan nilai kelas kontrol.
References
Ardila, A., Ridha, A., Jauhari, A. H., & Kunci, K. (2015). Efektifitas metode diskusi kelompok dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang perilaku seks pranikah. Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan - JuMantik, 22, 76–91. https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JJUM/article/view/156
Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41–49.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Education Research: an Introduction. Logman Inc.
Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. UNS Press.
Depdikbud. (1994). Garis-garis Besar Program Pengajaran Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Dirjen Pendidikan Dasar Depdikbud.
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2021). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.
Froyd, J., & Simpson, N. (1999). Student-Centered Learning Adressing Faculty Question about Student-Centered Learning. A&M University.
Hakim, M. N. (2021). Studi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.†Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/
Harras, K. . (2014). Hakikat dan Proses Membaca. Universitas Terbuka.
Hendryadi. (2017). Validitasi Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.
Heryanti, Y. Y., Iskandar, S., & Kurniawan, T. (2022). Perbedaan Pembelajaran Abad 19-20 Dengan Pembelajaran Abad 21. Jurnal EDUPENA, 3(2), 39–53.
Heryanto. (2014). Pendidikan Di Abad Globalisasi. 7.
Hutasoit, S. A. (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) DAN Projrct Based Learning (PBL) Dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah dab Peninjauan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1775–1799.
Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. Dinamika Ilmu, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.19
Klausner, R. . (1996). National Science Education Standard. National Academy Press.
Laksmiwati, Y. W. S. H. laksmiwati, & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3, 7–12.
Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238
Lubis, B. N. A., Syahputri, D., & Rambe, K. R. (2022). Pelatihan Teknik Membaca Cepat: Skimming and Scanning Bagi Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(1), 30–33. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i1.107
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904
Muderawan, I. ., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17–23.
Pambudi, F. S., & Diawati, C. (2018). Pengaruh Isu Sosiosaintifik untuk Meningkatkan Literasi Kimia pada Materi Elektrolit. Pendidikan Kimia, 1, 1–12.
Parapat, L. H., & Huda, R. (2022). Problematika Keterampilan Membaca Dan Menulis Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Um-Tapsel. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v1i1.5440
Prastyaningtias, S. D. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan pada Mata Kuliah Biologi Umum Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 61. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/307
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan. Kalam Mulia.
Roestiya, N. . (2001). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587
Roy, R. (1985). Funding science: The real defects of peer review and an alternative to it. Science, Technology, & Human Values, 10(3), 73–81.
Rusdiana, A. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. Istek, 8(2), 123–143.
Sadia, I. W. (2009). Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalan Pembelajaran Sains. Makalah. Diklat Strategi Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Fisika Di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tanggal 22 s/d 27 Agustus 2009.
Sakti, I., Nirwana, N., & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Ipa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42
Sari, A. W. (2016). Pentingnya Keterampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1), 1–10. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/572
Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611
Suatini, N. K. . (2019). Langkah-langkah mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada sisw. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 2(1), 41–50.
Sukarjo. (2002). Kecenderungan Pembelajaran IPA di SMU. Diberikan Sebagai Kuliah Tambahan/Seminar Pada Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana UNS, Tanggal 6 Juni 2002.
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10215
Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384
Syahraini, T. (2015). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan , 12(1), 1–20.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Tarigan, & Guntur, H. (2008). Memmbaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Prestasi Pustaka.
Tutiasri, R. P. (2016). Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1), 81–90. https://doi.org/10.12928/channel.v4i1.4208
Walter, D., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Intruction. Pearson New Jersey.
Widayati, S. (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.101
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Yager, R. . (1996). Science/ Technology/ Society Providing Useful a Appropriate Science For All. A Paper Presented at the Seminar on Science-Technology-Society, Organizer by Indonesian Association for Science Education and the Graduate School of IKIP Bandung, June 10, 1996.
Yulianingsih, L. T., & Sobandi, A. (2017). Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8105
Zahriani, Z. (2014). Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains. Lantanida Journal, 2(1), 95. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.667
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia uses a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data: Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default) Other data publishing licenses may be allowed as exceptions (subject to approval by the editor on a case-by-case basis) and should be justified with a written statement from the author, which will be published with the article.