Dukungan Psikologis Awal Bagi Anak dan Remaja

Authors

  • Nuraeni Nuraeni Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Ani Endriani Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jdm.v3i1.12359

Keywords:

Psikologi Awal, Anak, Rremaja

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada guru tentang bagaimana memberikan dukungan psikologis awal (DPA) pada anak dan remaja. Pengetahuan dan pemahaman tentang DPA memungkinkan Guru dapat membantu dan mendeteksi permasalah psikologis awal siswa, mengatasi dan memberikan dukungan kesulitan psikologis yang dialami, sehingga siswa dapat berkembang dengan optimal, baik secara kognitif, psikologi maupun sosial. Sasaran dari pengabdian ini adalah guru-guru TK, SD, SMP, dan SMA, sebanyak 158 orang guru. Harapan dari kegiatan pengabdian ini adalah dengan pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh supaya guru dapat menerapkan dalam mengenal lebih awal permasalahan siswa disekolah  dan mendukung bagi perkembangannya, mampu memahami hak-hak anak serta mengoptimlkan perkembangan serta  pontensi diri siswa sebagai generasi penerus bangsa.

References

Asih, M. K., Utami, R. R., & Kurniawan, Y. (2018). Psychological First Aid (PFA) untuk Pendamping Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Pengembangan Model Dukungan Psikologis Awal Bagi Pendidikan Anak dan Remaja. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Pedoman Pelaksanaan Dukungan Psikologis Awal di Satuan Pendidikan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mariani, R. 2016. Psikologi Anak dan Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

R, & Mujiburrahman. (2017). Efektivitas Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas Belajar Pada Siswa, 2 (2), 398–405

R Astrini - ejournal. undikma. ac. id/index. php/realita/issue/view

Rohinsa, M. Peran dukungan guru Terhadap Pemenuhan kebutuhan psikologis dasar siswa dalam kurikulum merdeka, Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti Prodi Sarjana Psikologi, Fakultas Psikologi.266-273. https://www.researchgate.net/publication.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Nuraeni, N., & Endriani, A. (2024). Dukungan Psikologis Awal Bagi Anak dan Remaja. Jurnal Dedikasi Madani, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.33394/jdm.v3i1.12359

Issue

Section

Articles

Citation Check