PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI LOKAL KEPADA GURU-GURU PAUD SE-KECAMATAN JEROWARU DI PAUD AL-AKRAM

Authors

  • Suharyani Suharyani UNDIKMA, Indonesia
  • Jessica Festi Maharani UNDIKMA, Indonesia
  • Herlina Herlina UNDIKMA, Indonesia
  • M Arif Rizka UNDIKMA, Indonesia
  • Rila Hardiansyah UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jdm.v3i2.13947

Keywords:

Media Pembelajaran, Potensi Lokal, PAUD

Abstract

Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis potensi lokal kepada guru-guru PAUD se-Kecamatan Jerowaru di PAUD Al-Akram bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan potensi lokal sebagai sumber belajar. Pelatihan ini melibatkan guru-guru PAUD dalam proses pembuatan media pembelajaran yang relevan dan kontekstual, sehingga dapat meningkatkan minat dan keterlibatan anak-anak dalam proses belajar. Metode pelatihan yang digunakan adalah workshop dan praktik langsung, di mana peserta diberikan materi tentang pentingnya potensi lokal dalam pendidikan, teknik pembuatan media pembelajaran, serta penerapan media tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa guru-guru PAUD mampu mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan potensi lokal, seperti budaya, lingkungan, dan kearifan lokal. Selain itu, pelatihan ini juga meningkatkan pemahaman guru tentang pentingnya integrasi potensi lokal dalam kurikulum PAUD. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna, serta meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kecamatan Jerowaru.

References

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Anwar, S. (2012). Media Pembelajaran: Pendekatan Praktis dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2020). Integrasi Potensi Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sen, A. (1999). Development as Freedom. New York: Alfred A. Knopf.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijaya, M., & Wiyani, N.A. (2014). Strategi Pembelajaran di PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Suharyani, S., Maharani, J. F., Herlina, H., Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI LOKAL KEPADA GURU-GURU PAUD SE-KECAMATAN JEROWARU DI PAUD AL-AKRAM. Jurnal Dedikasi Madani, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.33394/jdm.v3i2.13947

Issue

Section

Articles

Citation Check