STRATEGI KOMUNIKASI GURU TK AL-BINA DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT-AYAT PENDEK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Khairul Huda Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Nurul Iman Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jdm.v3i2.14225

Keywords:

Strategi, Menghafal, Ayat Pendek

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk melatih guru dalam Strategi Komunikasi Guru Dalam Membina Kemampuan  Menghafal surat (Ayat-ayat ) Pendek  di TK Al-Bina Desa Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur. Hal ini didasarkan atas masih kurangnya pengalaman dan keterampilan guru dalam mengemabangkan strategi menghafal ayat-ayat pendek dalam Al-qur;an. Target khusus yang dicapai dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan penguatan serta meningkatkan kecakapan guru dalam menggunakan Strategi Komunikasi Guru Dalam Membina Kemampuan  Menghafal surat (Ayat-ayat ) Pendek. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan yang bersifat partisipatif. semua guru yang ada di lembaga tersebut menjadi peserta pelatihan dalam pengabdian masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi pemberian materi mengenai strategi komunikasi dan metode Guru Dalam Membina Kemampuan  Menghafal Ayat-ayat Pendek. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penguatan  dan kemampuan guru dalam strategi komunikasi guru dalam membina kemampuan  menghafal surat (ayat-ayat) pendek. Setelah penguatan konseptual, kemudian melakukan pendampingan intensif dalam praktik evaluasi  dengan berdasar pada mekanisme evaluasi program yang terstandar mulai dari pemilihan program yang akan dievaluasi, formulasi tujuan, penentuan model evaluasi yang digunakan, pengembangan instrumen, pengumpula data, dan analisis data dari hasil evaluasi program. Untuk menjaga keberlanjutan hasil dari kegiatan ini, pendampingan terus dilakukan antara guru dengan Tim Pelaksan pengabdian sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat tercapai secara optimal.

References

Song and Hill. (2007). A Conceptual Model for Under Standing Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, Volume 6, Number 1. University of Georgia.

Pangesti. (2015). Strategi Komunikasi Guru TK Dalam Membina Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Pendek.

Tim Penyusun. (2021). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyaraka Internal Universitas Pendidikan Mandalikan. Mataram; LPPM UNDIKMA.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Huda, K., & Iman, N. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI GURU TK AL-BINA DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT-AYAT PENDEK TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Jurnal Dedikasi Madani, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.33394/jdm.v3i2.14225

Issue

Section

Articles

Citation Check