Pelatihan Game Baamboozle untuk Guru Sekolah Dasar di Desa Spakek

Authors

  • Wina Sonia Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Farida Fitriani Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Wiwien Kurniawati Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Menik Ariani Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Restu Wibawa Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Baiq Desy Arfini STIT NU Al-Mahsuni, Indonesia
  • Zinnurain Zinnurain Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jdm.v4i1.15859

Keywords:

Games edukasi, Media pembelajaran,

Abstract

Pelatihan game bamboozle untuk guru sekolah dasar merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru dalam pengaplikasian game edukasi yaitu bamboozle. Pelatihan ini dilakukan dengan beberapa tahapan, diantaranya tahap obeservasi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pelaihan ini ertempat di SD Negeri 2 Spakek Lombok Tengah, yang dihadiri 10 guru maple. Dalam pelatihan ini para peserta diberikan pemahaman, terkait games bamboozle dan bagaimana cara pengaplikasiannya secara efektif, serta dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar lebih menarik.

References

Aeni, N., Rayhana, R. S., & Wijayanti, T. (2023). Integrasi (Bamboozle: Web-Based Game) Dalam Proses Belajar Mengajar Di Smp Kartika Xx-2 Makassar (Integration of Web-Based Games (Bamboozle) for Teachers and Students At Smp Kartika Xx-2 Makassar). Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 957–964.

Gultom, M. G., Firman, & Wahyuni, A. (2023). Implementasi Media Game Baamboozle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Fase F.4 SMA N 10 Kota Jambi. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.27330

Nugroho, K. S., Aprilita, Damayanti, N. E., & Novera. (2025). Peningkatan Kapasitas SDM Guru Melalui Pelatihan Penggunaan. I-Com: Indonesian Community Journal, 5(1), 47–57. https://doi.org/https://doi.org/10.70609/icom.10.70609/icom.v5i1.5935

Sa’diyah, I., Savitri, A., Febiola, S., Widjaya, G., & Wicaksono, F. (2021). Peningkatan keterampilan mengajar guru sd / mi melalui pelatihan media pembelajaran edugames berbasis teknologi : quizizz dan baamboozle. Jurnal Publikasi Pendidikan (Publikan Journals UNM), 11, 198–204.

Zakiyatunisa, Z. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI BAAMBOOZLE PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP SUNAN GIRI 1 GIRI DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP SUNAN GIRI 1 GIRI. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sonia, W., Fitriani, F., Kurniawati, W., Ariani, M., Wibawa, R., Arfini, B. D., & Zinnurain, Z. (2025). Pelatihan Game Baamboozle untuk Guru Sekolah Dasar di Desa Spakek. Jurnal Dedikasi Madani, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.33394/jdm.v4i1.15859

Citation Check