Pelatihan Peningkatan Competitive Advantage Tenun Troso Jepara Melalui Wirausaha dan Pelestarian Warisan Budaya Lokal

Authors

  • Tri Wahyuni Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jdm.v4i1.16880

Keywords:

Competitive Advantage, Kain Tenun, Pelestarian, Kewirausahaan

Abstract

Salah satu hasil dari ragam budaya adalah tenun tradisional. Ternun tradisional di setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan kekhasan tersendiri. Tenun Troso Jepara di produksi oleh beberapa masyarakt di sekitar tanpa alat bantu mesin, melainkan menggunakan alat tenun tradisonal. Tenun Troso Jepara banyak dinikmati oleh masyarakat dalam bentuk stelan berupa selendang dan sarung, motif berfariasi sesuai dengan selera konsumen, dan bahan setengah jadi dapat dibuat menjadi pakaian yang dikombinasikan motif Troso Jepara. Untuk keberlanjutan usaha ini kami akan mengevaluasi produk–produk kami secara berkala dan meningkatkan keunggulan bersaing terus menerus. Karena produk kami termasuk produk yang cukup unik sudah sebaiknya usaha ini terus dikembangkan sebagai salah satu program pengentasan penganguran dan mengembangkan kecintaan terhadap kain tradisional Jepara, tentunya kami menentukan harga dengan menghitung total cost dan biaya operasionalnya. Pemasaran yang kami tujukan adalah direct selling dan e-commerce dimana seluruh pemasaran yang kami lakukan secara langsung dan melalui media social sehingga target market produk kami bisa berada pada pasar global dan menghasilkan omzet besar dan mampu bersaing atas keunggulan produk tenun tradisional Troso Jepara.

References

Kurniawan, D. (2020). Strategi Pemberdayaan UMKM Berbasis Potensi Lokal. Yogyakarta: Deepublish.

Indriani, A., & Cahyani, F. (2021). "Pemberdayaan Masyarakat melalui Industri Tenun Tradisional di Jepara." Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 21(2), 77–84.

Kotler & Keller. 2001. Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga Dikti. 2013. Panduan PKM Tahun 2013.

Putri, D. K., & Fauzi, A. (2019). Pengembangan produk kreatif berbasis budaya: Studi kasus tenun Troso. Jurnal Seni dan Budaya, 14(1), 45–53.

Riyanto, Prof. Dr. Bambang.1995. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan edisi 4. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA

Tailor, Elly. 2011. Alat dan Bahan Menjahit. Diakses pada tanggal 28 September 2013. Di http://ellytaylor/2011/06/katalog-barang.html

Downloads

How to Cite

Wahyuni, T. (2025). Pelatihan Peningkatan Competitive Advantage Tenun Troso Jepara Melalui Wirausaha dan Pelestarian Warisan Budaya Lokal. Jurnal Dedikasi Madani, 4(1), 44–52. https://doi.org/10.33394/jdm.v4i1.16880

Citation Check