IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMAN 10 MATARAM
Abstract
Hasil belajar dan motivasi siswa di kelas X SMAN 10 Mataram terlihat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa di kelas X SMAN 10 Mataram setelah dibelajarkan dengan menggunakan book creator. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari 2Â kali pertemuan. Data hasil belajar diperoleh dari hasil tes dan data motivasi diperoleh dari hasil pengisian angket. Indikator keberhasilan penelitian ini terlihat pada peningkatan motivasi siswa di siklus II, sedangkan hasil belajar dikatakan mengalami peningkatan secara klasikal apabila siswa dapat memperoleh skor minimal 75 dari ketuntasan klasikal 85%. Dari jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti tes evaluasi, hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi pada siklus II berada pada nilai rata-rata 90,8 dengan kategori sangat tinggi dan hasil evaluasi diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 dan siklus II masing-masing 26% dan 95%. Dengan melihat hasil belajar yang diperoleh dari tiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran book creator dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran TIK di kelas X SMAN 10 Mataram.
References
Yuliana Umi Rahayu. 2022. Penerapan Media Book Creator Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Majenang Cilacap. Skripsi. Jawa Tengah.
Handayani, Meri. 2020. Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Kota Jambi, Skripsi. Jambi.
Teni Nurrita, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Miskat, Vol. 03, No. 01, hlmn.176.
Ma`sum ahmad. 2014. Implementasi Pendekekatan Contextual Teaching And
Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Islam Al-Anshori Monje. Skripsi. Mataram.
Daffa Adinata, 2023. Implementasi Game Based Learning Berbasis Quizz
Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMAN 1 Gunungsari. Skripsi. Mataram.
Suharni. (2011:106). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Rizki, Eko, dkk. 2020. Peningkatan Gerak Dasar Guling Belakang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.16(2) : 204-213.
Margono. (2004). Pengertian Populasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap).
Sugiono. (2017:142). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta PT Rineka Cipta
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JEDIT use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)