PENGEMBANGAN SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEJUJURAN SISWA KELAS I SD

Authors

  • Nuerani Nuerani Program Studi Bimbingan dan konsling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Mataram, Indonesia
  • Ahmad Muzanni Program Studi Bimbingan dan konsling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Mataram, Indonesia

Keywords:

pengembangan, SSP, tematik, kejujuran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran terpadu berupa Subject Spesific Pedagogy  (SSP) Tematik yang dapat meningkatkan karakter siswa kelas I sekolah dasar terutama karakter jujur. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang terdiri atas sembilan tahap, yaitu: (1)penelitian dan pengumpulan data,(2) perencanaan,(3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal,  (5)merevisi hasil uji coba.(6) uji coba lapangan,(7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan,(8) uji pelaksanaan lapangan,dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas I SDN 1 Kekeri kabupaten Lombok Bara.Subjek uji coba satu-satu terdiri atas 3 siswa.  Subjek uji coba kelompok kecil terdiri atas 10 siswa yang belum terlibat dalam uji coba satu-satu, dan subjek uji lapangan terdiri atas 47 siswa  dari kelas I.B dan  kelas I.C. Hasil penelitian ini berupa SSP yang meliputi: silabus, RPP, LKS, dan instrument penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa silabus yang dikembangkan berkategori baik. RPP yang dikembangkan berkategori sangat baik, LKS yang dikembangkan berkategori sangat baik dan instrumen penilaian yang dikembangkan berkategori sangat baik,  media pembelajaran  yang dikembangkan berkategori baik.  Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa SSP yang dikembangkan berkategori baik dan sangat baik, untuk meningkatkan karakter siswa.Rata-rata hasil belajar afektif siswa untuk  karakter jujur adalah 99,50.

References

Bohlin, K.E. (2005). Teaching character education through literature awakening the moral imagination in secondary classrooms.New York: RoutledgeFalmer

Depdiknas.2006).Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013tentang Kerangka Dasar dan StrukturKurikulumSekolah Dasar/ madrasah Ibtidaiyah.

Driel, JHV., Verloop, N., & de Vos, W., (1998). Developing science teachers’ pedagogical content knowledge [Versi Elektronik].Journal of research in science teaching. 35, 673-695.

Dimerman, S. (2009).Character is the key: how to unlock the best in our children and Ourselves. Ontario: John Wiley & Sons Canada, Ltd.

Kupperman, J.J. (1991). Character. New York: Oxford University Press.

Kemdikbud (2013) . Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas 1.

Lickona, T. (1991).Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

McElmeel, S.L. (2002). Character education a book guide for teachers, librarians,and parents. Colorado: Teacher ideas press.

Pusat Kurikulum (2009) .Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah.Jakarta.

Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014. Jakarta: Depdiknas

Schunk, DH. (2012). Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2018-02-22

How to Cite

Nuerani, N., & Muzanni, A. (2018). PENGEMBANGAN SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEJUJURAN SISWA KELAS I SD. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 95–100. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/197

Issue

Section

Articles

Citation Check