PENGARUH INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) DAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMPN 2 KEDIRI MATARAM

Authors

  • Anna Fitriana Program Studi PendidikanBiologi, FPMIPA, IKIP Mataram, Indonesia
  • Taufik Samsuri Program Studi PendidikanBiologi, FPMIPA, IKIP Mataram, Indonesia
  • Bq. Muli Harisanti Program Studi PendidikanBiologi, FPMIPA, IKIP Mataram, Indonesia

Keywords:

Think Talk Write, Time Token, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa yang dikarenakan tidak adanya keinginan belajar siswa, tidak adanya dorongan dalam belajar, tidak adanya lingkungan kondusif yang memungkinkan siswa belajar dengan baik maka akan  berdampak pada nilai yang akan diperoleh oleh peserta didik.Untuk itu perlu adanya strategi pembelajaran yang mampumembangun pengetahuankognitif dan cara belajar mereka dengan membentuk kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan pengaruh integrasi model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitianQuasi Experiment dengan rancangan penelitian posttest-Only Control Design danteknik sampling cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model TTW (Think Talk Write) dan Time Tokenmemotivasi siswa terbukti dengan hasil persentase kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 85%.Data analisis hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggnakan uji-t. Data hasil belajar kognitif siswa  diperoleh menggunakan SPSS 15 dengan nilai hasil perhitungan yang didapatkan nilai sig< pengujian maka Ho diterima atau sebesar 0.04< 0.05 maka dapat simpulkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini ditolak dan Hipotesis nol (Ho) diterima, yang artinya tidak ada pengaruh model pembelajaranTTW (Think Talk Write)danTime Token terhadap hasil belajar kognitif kelas VII SMPN 2Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Murtafi’ah. 2008, Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas II A SMPN 2 Amuntai Utara, Pada Pembelajaran Biologi Smester Genap 20042005 Melalui Strategy Based Students Request.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015,MetodePenelitiandanPengembangan :UntukBidang: Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik : Alfabeta

Downloads

Published

2018-02-22

How to Cite

Fitriana, A., Samsuri, T., & Harisanti, B. M. (2018). PENGARUH INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) DAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMPN 2 KEDIRI MATARAM. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 108–113. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/199

Issue

Section

Articles

Citation Check