PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DENGAN MEMANFAATKAN ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

Authors

  • Rahmi Wahyuningsi Program Studi Pendidikan Fisika, FSTT, UNDIKMA, Indonesia
  • Dwi Pangga Program Studi Pendidikan Fisika, FSTT, UNDIKMA, Indonesia
  • Sukainil Ahzan Program Studi Pendidikan Fisika, FSTT, UNDIKMA, Indonesia

Keywords:

Hasil pembelajar praktikum, lingkungan sekitar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan alat dan bahan di lingkungan sekitar di SMP Negeri 4 Praya Timur tahun pelajaran 2016/2017 melalui metode Pembelajaran praktikum. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam II siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar observasi, tes tulis yang berbentuk pilihan ganda. Obyek pada penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 4 Praya Timur dengan subyeknya siswa kelas VIII3 yang berjumlah 26 orang. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa sebesar 76% dan nilai rata-rata sebesar 74,23, Sehingga pada siklus ini belum bisa dikatakan tuntas. Pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 92% dan nilai rata-rata sebesar 85,34, Sehingga di kategorikan tuntas. Oleh karena itu metode pembelajaran praktikum sangat mendukung dalam pembelajaran fisika karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

How to Cite

Wahyuningsi, R., Pangga, D., & Ahzan, S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DENGAN MEMANFAATKAN ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 44–51. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3289

Issue

Section

Articles

Citation Check