PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASISPEMODELAN PADA SISWA

Authors

  • Herdiyana Fitriani Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, UNDIKMA, Indonesia
  • Taufik Samsuri Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, UNDIKMA, Indonesia
  • Baiq Mirawati Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, UNDIKMA, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Pemodelan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan memahami hakikat biologi sebagai ilmu pada siswa kelas X MA. Al-Ilham NW Selusuh tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Hal ini dilihat dari hasil evaluasi belajar menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,12%, dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,39 dan persentase ketuntasan sebesar 78,78 %.sedangkan nilai rata-rata siklus II sebesar 83,48 dan persentase ketuntasan sebesar 90,90 %. Sehingga dapat disimpulkan, dengan diterapkan model pembelajaran kontekstual berbasis pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan memahami hakikat biologi sebagai ilmu pada siswa kelas X MA. Al-Ilham NW Selusuh tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

How to Cite

Fitriani, H., Samsuri, T., & Mirawati, B. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASISPEMODELAN PADA SISWA. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 110–114. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3340

Issue

Section

Articles

Citation Check