Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKS Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 1 Lape Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Fitri Hidayati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Taufik Samsuri Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Ida Royani Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

Keywords:

problem based learning, ketrampilan proses sains, LKS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan lembar kerja siswa (LKS) terhadap keterampilan proses sains siswa. Desain penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII,. Sampel ini ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Data mengenai keterampilan proses sains diambil dengan menggunakan angket kinerja yang berisi indikator-indikator proses sains.  Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa tHitung=13,646>tta= 1,734 yang berarti Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara keterampilan proses sains  kelas eksperimen atau dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan LKS terhadap keterampilan proses sains siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKS memungkinkan siswa untuk mencapai keterampilan proses sains.

Downloads

How to Cite

Hidayati, F., Samsuri, T., & Royani, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKS Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 1 Lape Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(2), 191–197. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3378

Issue

Section

Articles

Citation Check