Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKS
Keywords:
Aktivitas, Hasil Belajar, PBL berbantuan LKSAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKS pada pembelajaran fisika siswa kelas VIII SMPN 1 WOJA Tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa pada siklus I persentase rata-rata akvitas siswa 60% dengan kategori cukup aktif yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa mencapai 63,33 pada siklus I dan meningkat menjadi 70 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 61,11% pada siklus I dan 88,88% pada siklus II. Dengan demikian model pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMPN 1 WOJA Tahun pelajaran 2016/2017.
Downloads
How to Cite
Safitriani, V., & Hidayat, S. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKS. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(2), 209–214. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3384
Issue
Section
Articles