Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Kuliah Profesi Kependidikan

Authors

  • Muhamad Ikhsan Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Indonesia

Keywords:

Efektifitas, Perkuliahan Daring, Covid-19

Abstract

Perkuliahan daring (online) merupakan sarana utama dalam pembelajaran ketika wabah Pandemi Covid-19. Tidak terkecuali jurusan pendidikan olahraga dan kesehatan FIKKM UNDIKMA Mataram yang menggunakan sarana aplikasi online, seperti whatsapp grup, google classroom, dan media aplikasi lain ketika perkuliahan daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas perkuliahan daring pada mahasiswa jurusan pendidikan olahraga dan kesehatan FIKKM UNDIKMA yang mengampu MK Profesi Kependidikan di Semester tiga di saat Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui google form secara online. Hasil pengujiannya dihasilkan bahwa mayoritas mahasiswa jurusan pendidikan olahraga dan kesehatan FIKKM UNDIKMA yang mengampu MK Profesi kependidikan mengikuti perkuliahan daring dirumah menggunakan gadget (hp) dengan koneksi data dalam keadaan sinyal internet yang cukup baik. Perkuliahan daring memberikan gambaran umum tentang kurang optimalnya pemahaman materi dan banyaknya tugas yang diberikan pada mahasiswa sehingga mengakibatkan proses perkuliahan yang kurang efektif. Sedangkan untuk sistem perkuliahan yang efektif selama pandemi adalah daring dan luring secara bergantian dengan memperhatikan prinsip protocol pencegahan Covid-19.

Downloads

How to Cite

Ikhsan, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Kuliah Profesi Kependidikan. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(2), 254–261. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3394

Issue

Section

Articles

Citation Check