KAJIAN PENERIMAAN TEORI EVOLUSI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI

Authors

  • Laras Firdaus Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Herdiyana Fitriani Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Taufik Samsuri Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Baiq Mirawati Program Studi Pendidikan Biologi, FSTT, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

Keywords:

Teori Evolusi, Biologi.

Abstract

Penerimaan teori evolusi merujuk pada memahami dengan baik teori evolusi itu sendiri, semakin baik pengetahuan atau pemahaman seseorang mengenai teori evolusi, maka akan semakin mudah baginya untuk menerima teori evolusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi penerimaan mahasiswa calon guru biologi terhadap teori evolusi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat penerimaan teori evolusi diadopsi dari Measurement Acceptance Theory of Evolution (MATE) yang dikembangkan oleh Rutledge and Sadler. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwa hanya aspek proses evolusi yang memiliki kategori tinggi, atau tingkat penerimaannya tinggi dibandingkan dengan aspek-aspek yang lain, dan secara umum, dapat disimpulkan bahwa tingkat penerimaan mahasiswa calon guru biologi terhadap teori evolusi masih tergolong rendah, dan sebagai rekomendasi penelitian selanjutnya adalah pengukuran tentang korelasi anatara disposisi berpikir dan penerimaan teori evolusi.

Downloads

How to Cite

Firdaus, L., Fitriani, H., Samsuri, T., & Mirawati, B. (2020). KAJIAN PENERIMAAN TEORI EVOLUSI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 152–156. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3404

Issue

Section

Articles

Citation Check