KORELASI ANTARA CURIOSITY DAN HIGH ORDER THINKING SISWA PADA MATERI CAMPURAN HOMOGEN DAN HETEROGEN

Authors

  • Samsun Hidayat Prodi Pendidikan Fisika, FSTT Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

Keywords:

Curiosity, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Curiosity dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan mengetahui sejauh mana korelasi antara Curiosity dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas V SDN 2 Sekongkang pada materi campuran homogen dan heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi sederhana yang melibatkan 21 siswa kelas V sebagai sampel. Data penelitian diperoleh menggunakan angket sikap curiosity oleh observer dan tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hasil observasi diperoleh curiosity siswa 58,2 berada pada kategori rendah dan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa 54,04 dengan kategori rendah. Data yang disajikan setelah diuji homogenitas didapatkan bahwa homogen. Pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai korelasi antara kedua curiosity dan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 0,692 yang berarti bahwa terdapat hubungan kea rah positif dan kuat antara curiosity dan keterampilan berpikirtingkat tinggi siswa kelas V SDN 2 Sekongkang.

Downloads

How to Cite

Hidayat, S. (2020). KORELASI ANTARA CURIOSITY DAN HIGH ORDER THINKING SISWA PADA MATERI CAMPURAN HOMOGEN DAN HETEROGEN. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 157–160. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3424

Issue

Section

Articles

Citation Check