Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII TKB Mandiri Montong Buwuh II Melalui Media Pembelajaran Crossword Puzzle

Authors

  • Dedi Setiawan Guru Matematika, SMPN 3 Lingsar, Lombok Barat, NTB, Indonesia

Keywords:

Media Crossword Puzzle, TKB Mandiri, Hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan Crossword Puzzle  sebagai sebuah media pembelajaran Matematika untuk sekolah di daerah tertinggal seperti SMP Terbuka. Pembuatan media dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan realistis pada 15 Tempat Kegiatan Belajar (TKB) SMP terbuka Narmada I yang berinduk di SMPN 3 Lingsar salah satunya adalah TKB Mandiri Montong Buwuh II. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan melibatkan 7 orang siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar materi Himpunan di kelas VII  TKB Mandiri Montong Buwuh II melalui media pembelajaran Crossword Puzzle. Teknik pengumpulan data pada pada penelitian ini dengan memberikan tes evaluasi pada siswa setelah pembelajaran berlangsung di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan KKM 70, ketuntasan klasikal siswa pada Siklus I sebesar 57,1% dan meningkat menjadi 85.7% pada Siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Setiawan, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII TKB Mandiri Montong Buwuh II Melalui Media Pembelajaran Crossword Puzzle. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 1–11. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3582

Issue

Section

Articles

Citation Check