Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Listrik Statis kelas XII IIS 1 MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019
Keywords:
Model Pembelajaran, NHT (Numbered Head Together), Hasil Belajar.Abstract
Berdasarkan hasil evaluasi belajar fisika yaitu nilai mid semester ganjil di kelas XII IIS 1 MAN 1 Mataram tahun pelajaran 2018/2019, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai KBM yang ditetapkan sekolah yaitu 75, terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KBM hanya 1 orang dari 40 siswa (2,5 %). Hal ini disebabkan, siswa kesulitan dalam memahami konsep materi yang diajarkan. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IIS 1 materi Listrik Statis MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus mencakup 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan antara siklus I dan II, persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 70 % dengan nilai rata-rata 75,85. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siklus II sebesar 87,5 % dengan nilai rata-rata 88,57. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IIS 1 MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.
Downloads
Published
2023-02-23
How to Cite
Apriliana, W. (2023). Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Listrik Statis kelas XII IIS 1 MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 29–36. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3668
Issue
Section
Articles