Validitas Prototype Bahan Ajar Fisika Berbasis Inquiry pada Materi Gravitasi

Authors

  • Ayu Safitri Melita Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Syifaul Gummah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Dwi Pangga Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia

Keywords:

Prototipe, Bahan Ajar, Inquiri

Abstract

Pengembangan bahan ajar ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas pendidik. materi yang menjadi objek Fisika maupun IPA pada umumnya berupa gejala-gejala alam yang bersifat fisik maupun abstrak. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berbasis inquiry. Bahan ajar ini dikembangkan mengacu pada silabus, kurikulum 2013 dan berbasis inquiry. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Model desain pengembangan yang digunakan yaitu menggunakan tahapan 4D yang terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Hasi validitas bahan ajar yang dikembangkan menggunakan tiga validator ahli yakni pada validator 1 persentase skor yang diperoleh sebanyak 73,80% dengan kriteria layak, kemudian validator 2 dengan persentase skor 65,47% dengan kriteria layak, dan validator 3 dengan persentase skor 83,33% dengan kriteria sangat layak). Berdasarkan data hasil validasi tersebut bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak untuk di gunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Melita, A. S., Gummah, S., & Pangga, D. (2023). Validitas Prototype Bahan Ajar Fisika Berbasis Inquiry pada Materi Gravitasi. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 9(1), 43–49. Retrieved from https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/5932

Issue

Section

Articles

Citation Check