In House Training Penelusuran Informasi Berbasis Literasi Digital Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Guru SMPN Kota Padang

Authors

  • Farel Olva Zuve Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Atmazaki Atmazaki Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ardoni Ardoni Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Amril Amir Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Afnita Afnita Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ridha Hasnul Ulya Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mita Domi Fella Henanggil Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6538

Keywords:

In House Training, Information Search, Digital Literacy, Scientific Article.

Abstract

This service activity aims to improve teacher writing skills and the ability to search for reliable information as a source of reference and create digital libraries for writing scientific articles. The method of implementing this service used training. This service partner was the teachers at SMPN 16 Padang. The instruments for evaluating this service activity were the articles written by the teachers, which were analyzed descriptively. The results of this service showed that teachers could produce relevant scientific articles that could be used for teacher promotion. Approximately 80% of teachers could master how to turn class action research reports into scientific articles. In addition, this activity could improve 100% of teachers' understanding of the procedures for writing and publishing scientific articles in accredited journals. This success was seen from the articles made by the teachers according to the template from the specified journal.

 

 

References

Atmazaki. (2009). Kiat-Kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: UNP Press.

Adji, S., Kismiati, D., Safitri, H., Hartinawati, H., Sugilar, S., Novianti, I., & Zakirman, Z. (2022). Pelatihan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Sebagai Kerangka Pengetahuan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 401-409. doi:https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.5897

Erna, I., (2016). Improving Students Writing Skills Through Writing Kournal Articles. Jurnal Lingua Scientia Vol. 8., No. 1 Hlm. 1-22

Hasugian. (2008). Penelusuran Online dan Ketersediaan Sumber Daya Informasi Elektronik. Pustaka: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1.

Inayah, R., Candra A., dan Eriska F.K. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dalam Upaya Peningkatan Publikasi Ilmiah Guru. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 6, No. 1, hlm. 354-357. Jawa Timur: Universitas PGRI Ronggolawe.

Jatmiko, W. dkk., (2015). Panduan Penulisan Artikel Ilmiah. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Kisyani dan Laksono. (2019). Seri Manual GLS Guru sebagaI Teladan Literasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenpan RB. (2016). “Perubahan Kedua Atas Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang-Undangan dan Angka Kreditnyaâ€.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.

Permennegpan dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009.

Puspitasari, N.A., dan Syarif H. (2020).Peningkatan Wawasan Penerapan Model Pembelajaran Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) Bagi Guru MTs dan MA. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat. Volume 3 Nomor 2, hlm 128-135.

Slameto. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Scholaria, Volume 6 No 2, hlm. 46-57. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57

Sunanda, Yovitha Y., dan Nurkolis. (2018). Penulisan Artikel Ilmiah bagi Pendidik. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat E-Dimas. Volume 8, No 1, hlm. 84-95.

Suryoputro, G. dkk. (2012). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Jakarta: Uhamka Press.

Suwarso, P.N. dkk. (2022). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Artikel Jurnal bagi Guru Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, No 1, hlm: 138-144.

Syamsuri, S., Asriati, N., H. Matsum, J., Herkulana, H., Achmadi, A., & Khosmas, K. (2022). Implementasi Pengabdian Masyarakat Melalui Klinik Publikasi Ilmiah pada Jurnal Nasional bagi Guru di SMA Negeri 2 Kuala Mandor B Kabupaten Kuburaya. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 553-560. doi:https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.6020

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen sebagai Tenaga Profesi.

Published

2023-02-11

How to Cite

Zuve, F. O., Atmazaki, A., Ardoni, A., Amir, A., Afnita, A., Ulya, R. H., & Fella Henanggil, M. D. (2023). In House Training Penelusuran Informasi Berbasis Literasi Digital Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Guru SMPN Kota Padang. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 243–250. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6538

Issue

Section

Articles

Citation Check