Pojok Literasi-Ku Berbasis Pendidikan Masyarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Literasi di Desa Bumi Sari Kabupaten Nagan Raya Aceh
DOI:
https://doi.org/10.33394/jpu.v4i2.7401Keywords:
Community Education, Literacy Corner, Literacy Awareness.Abstract
References
Anggraeni, H., Fauziyah, Y., Fahyuni, E.F., (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah J. Kependidikan Islam 9, 190–203.
Aswat, H., Nurmaya G, A.L., (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. J. Basicedu 4, 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302
Dinata, K.B., (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen 11, 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368
Hidayat, F.P., Saleh, A., Adhani, A., Rudianto, R., (2021). Pendidikan Literasi Media Guru Sekolah Mis Al-Hidayah Dalam Menghadapi Pengaruh Negatif Dunia Digital Pada Siswa. Martabe J. Pengabdi. Kpd. Masy. 4, 627–633.
Kemdikbud, R., (2022). Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) 2022, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi-Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi.
Mardiana, L., Pani, R., Ihsani, N., Ridwan, M., Samudra, A., Sabri, M., (2021). Pondok Literasi Sebagai Upaya Mengembangkan Minat Baca Anak di Dusun Tanah Betian. Empower. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 1, 30–42.
Mardiani, N., Wahyuni, S., (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Di SMA Negeri 3 Batusangkar. JIPIS J. Ilmu Perpust. dan Inf. Islam 1, 8. https://doi.org/10.31958/jipis.v1i1.5946
Matahari Bhakti Nendya, Gabriel Indra Widi Tamtama, Antonius Rachmat Chrismanto, Argo Wibowo, Rosa Delima5, (2021). Peningkatan Literasi Digital Melalui Pelatihan Komputer Dasar dan Media Sosial Pada Gapoktan Sedyo Makmur. Sendimas 2021 - Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. 6, 263–267. https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.56
Muhaemin, M., Yunus, P.P., (2021). Literasi Visual Sebagai Upaya Pemahaman Peran Pendidikan untuk Seni Rupa Lokal di Indonesia. Semin. Nas. Kearifan Lokal dalam Pendidik. Seni di Era Kemajuan Teknol. 184–188.
Novitasari, Y., Fauziddin, M., (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini 6, 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nugraha, J.T., (2018). E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). J. Komun. Dan Kaji. Media 2, 32–42.
Pertiwi, F.D., Rahman, R.M., Lestari, D.D., (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bidang Literasi Di Desawaru Jaya. Abdi Dosen J. Pengabdi. Pada Masy. 2, 129. https://doi.org/10.32832/abdidos.v2i2.170
Pratiwi, S.H., (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. Fitrah 3, 27–48.
Primarni, A., (2021). Penguatan Literasi Alam Kampung Ilmu Purwakarta. El-Mujtama J. Pengabdi. Masy. 1, 57–64. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.265
Setiyani, R., (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. J. Pendidik. Ekon. Din. Pendidik. 5, 117–133.
Studi, P., Komunikasi, I., Sosial, F.I., Bengkulu, U.D., (2019). Literasi media pada generasi milenial di era digital 6, 30–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).