PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI JARINGAN KOMPUTER CISCO PACKET TRACER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1236Abstract
Permasalahan yang terlihat terjadi di lapangan pada mata pelajaran TIK khususnya pada materi sistem jaringan komputer masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah,diskusi, dan kerja kelompok sehingga membuat siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Di samping hal tersebut, guru mata pelajaran TIK pada saat menyampaikan materi tentang sistem jaringan komputer masih menggunakan kapur dan papan tulis dan kurang melakukan praktikum hal tersebut karena kurangnya ketersediaan alat dan bahan untuk praktikum pada materi sistem jaringan komputer sehingga menyebabkan siswa kurang mampu berpartisipasi aktif dalam materi sistem jaringan komputer.      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Simulasi Jaringan Komputer Cisco Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK khususnya materi tentang sistem jaringan komputer Kelas IX b di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dan rancangan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu: One Group Pre-tes Post-tes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX b yang berjumlah 30 orang di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2017/2018, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka dalam penelitian ini menggunakan teknik populasi.Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus T-Test Hasil penelitian yaitu sebesar 7,160 dan nilai  pada taraf Signifikan 5% dengan dk (N-1) = 30-1=29 lebih besar daripada nilai  pada tabel (7,160 >2,042), berarti bahwa ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: ada pengaruh penggunaan simulasi jaringan komputer Cisco Packet Tracer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas IX b di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikanâ€.
Â
Kata kunci: Simulasi Jaringan Komputer, Kreativitas Belajar
References
Ariawal dan Purbo. 2016, SimulasiJaringanKomputerDengan Cisco Packet TracerJakarta, PT Elex Media Komputindo
Arsyad, Azhar, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
J. Ferdinand Setia Budi, 2016. Berpikir Ala Einstein Dan Bertindak Ala Gandhi. DIVA Press
Dwiyogo, W. D. 2008. PembelajaranVisioner. Bekasi: Media Visioner.
Edin Effendi, (2015). Pengaruh media Packet Tracer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran perancangan Wide Area Network (WAN) program keahlian teknik komputer jaringan (TKJ) di SMK Swasta Persatuan Amal Bakti 5 Klambir Lima Deli Serdang.
Hamdani. 2011. Strategi Belaja rMengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum Dan Pembalajaran. Bandung: BumiAksara
Herry, (2007). Belajar Dan Pembelajaran, UPI Press. Bandung.
IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram: Mataram.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)