PENGARUH MEDIA TUTORIAL BERBENTUK FILM (MOTION PICTURES) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Nurul Perdana Putri IKIP Mataram, Indonesia
  • Muzakkir Muzakkir IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1240

Abstract

Hasil belajar merupakan hal pokok dalam dunia pendidikan. Namun, dalam proses pembelajaran di MA Darul Qur’an Wal Hadits hasil belajar siswa berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah guru rata-rata mengajar dengan metode ceramah, dan diskusi kelompok. Sehingga siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. oleh karana itu rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh pemanfaatan media tutuorial berbentuk film (Motion Pictures) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X di MA Darul Qur’an Wal Hadits Telaga Lebur Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media tutorial berbentuk film (motion pictures) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X di MA Darul Qur’an Wal Hadits Telaga Lebur Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Darul Qur’an Wal Hadits Telaga Lebur yang berjumlah 101 dengan sampel berjumlah 30 siswa dari hasil angket yang telah disebarkan dan dihitung dari populasi. Dari hasil penelitian diperoleh t-tes sebesar 3,481 dengan taraf signifikansi 5% dan d.b N-1 =(30-1=29) sebesar 2,045. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi “Ada pengaruh pemanfaatan media tutuorial berbentuk film (motion pictures) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tik kelas X di MA Darul Qur’an Wal Hadits Telaga Lebur Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018â€.  Dari hasil hipotesis yang diperoleh (>) dengan α = 5%, yaitu (3,481>2,045). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media tutuorial berbentuk film (motion pictures) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tik kelas X di MA Darul Qur’an Wal Hadits Telaga Lebur Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 yang menjelaskan  “signifikanâ€

 

Kata kunci: Media Tutorial, Film (Motion Pictures), Motivasi

 

References

Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azhar, Arsyad, 2002. Media Pembelajaran. Divisi Buku Perguruan Tinggi PT. Raja Garfindo Persada (Rajawali Press), Jakarta, 1997

Downloads

Published

2019-02-08

How to Cite

Putri, N. P., & Muzakkir, M. (2019). PENGARUH MEDIA TUTORIAL BERBENTUK FILM (MOTION PICTURES) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, (2), 60–70. https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1240

Issue

Section

Articles

Citation Check