Hubungan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi kelas 5 di SDN Saga V Balaraja Kabupaten Tangerang

Authors

  • Elfrida Devianti Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Sumiyani Sumiyani Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5675

Keywords:

Minat Membaca, Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Abstract

Keterampilan menulis narasi yang dimiliki siswa berbeda-beda, tingkat keterampilan menulis karangan narasi siswa dapat di pengaruhi dari rendah tingginya minat membaca dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hubungan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas 5 di SDN Saga V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survey. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 5. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan sample 22 siswa kelas 5 di kelas B. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Saga V Kabupaten Tangerang pada bulan Februari sampai April 2022. Teknik  pengumpulan data yang di gunakan adalah angket, tes dan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji korelasi dengan taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat minat membaca dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas 5 SDN Saga V Kabupaten Tangerang (nilai sig. -0,18  Minat membaca siswa berkategori baik, yaitu sebesar 54,5%, keterampilan menulis narasi siswa berkategori baik, yaitu sebesar 68,2% dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas 5 di SDN Saga V Kabupaten Tangerang.

Author Biography

Elfrida Devianti, Universitas Muhammadiyah Tangerang

PRODI PGSD, FAKULTAS FKIP

References

Fadhillah, D., & Novianti, E. (2021). Metode Inkuiri sebagai alternatif Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif pada Ranah Kognitif C1, C2 dan C3. Basicedu, 5(3), 1111–1119.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

Samsudin, C. M. (2020). Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.

Romadhon, S. (2019). Manajerial Keterampilan Menulis. Duta Media.

Herry Widodo. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Mutiara Aksara.

Mawardi. (2019). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Samudra Biru.

Novritza. (2019). Hubungan antar Minat dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 105.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Yunita, d. (2020). Pengaruh Minat Membaca terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Indonesia, 151-152.

Fadhillah & Latifah, N. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Herliyanto. (2019). Membaca Pemahaman Dengan Strategi Kwl Pemahaman Dan Minat Membaca. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Novritza. (2018). 2018. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 104-123.

Ayu. (2018). Hubungan Minat Membaca dengan Keterampilan menulis Cerita Pendek. Jurnal For Lesson and Learning Studies, 44.

Dalman. (2020). Keterampilan Menulis . Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Nur Latifah & Dilla Fadhillah (2018). Keterampilan Berbahasa. Tangerang: Elmarkazi.

Published

2023-01-20

How to Cite

Devianti, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2023). Hubungan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi kelas 5 di SDN Saga V Balaraja Kabupaten Tangerang. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 51–59. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5675

Issue

Section

Articles

Citation Check