Pengaruh Media Video Scribe Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5970Keywords:
Media Video Scribe, Pemahaman konsep, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video scribe terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V dengan pemahaman konsep IPA siswa kelas V yang menggunakan pembelajaran secara konvensional di SD Negeri Kebon Besar 1. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Kebon Besar 1 Tangerang, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 33 siswa yaitu kelas VA yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan keals VB yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil penelitian pretes diperoleh nilai Sig (2 tailed) 0,338> nilai 0,05. Terlihat bahwa data hasil penelitian postest diperoleh nilai Sig (2 tailed) 0,574> nilai 0,05. Dengan demikian sesuai dengan pengajuan hipotesis, untuk uji T-test data postest dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau dapat dikatakan terdapat perbedaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan media pembelajaran berupa video scribe dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (cetakan ke). PT. RINEKA CIPTA.
Asep Jihad & Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaraan. Yogyakarta : Multi Pressindo
Astawan, I. G., & Agustina, I. G. A. T. (2020). PENDIDIKAN IPA SEKOLAH DASAR (Y. Astra & N. Widiastuti (eds.)). NILACAKRA.
Adna, S. F., & Nasution, N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Whiteboard Animation Pada Guru-Guru Mgmp Matematika SMP Kota Pekalongan. 3(1), 436–445.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare,17(2),90–97. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247
Febriyanto, B., Yuliati, Y., Saputra, D. S., Firmansyah, & Zakiyah, G. (2021). Peningkatan Kemampuan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Video Scribe untuk meningkatkan kualitas pembelajaran . Lebih lanjut , Roza & Rodhiah. 5(2), 1526–1536.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Handayani, T. W. (n.d.). Improving The Understanding Of The Science Concept Using The Incredible Inquiry Learning Model In SD Tut Wuri Handayani SD Negeri 3 Pangkalpinang. 130–153.
Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran Ipa Menggunakan Software Videoscribe. 1(2), 50–58.
Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif melalui Situation-Based Learning (Julia (ed.); kesatu). UPI Sumedang Press.
Rusmawati. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Vidioscribe Mata Kuliah Komputer Pembelajaran Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unismuh Makasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makasar.
Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. 4(2), 136–144.
Yeni, W. R. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas V Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas V. 1–17.
Sudaryono. (2021). Statistika Probalitas Bidang Teknik dan Komputer (Giovanny, Adinata, Ofryj, & B. Swila (eds.); Cetakan pe). Penerbit ANDI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, Cv.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)